PERSEPSI WANITA TANI TERHADAP PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANG DALAM PENGEMBANGAN ANGGREK (Orchidaceae)

  • Suswadi Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Lutfi Septi Mardiyanti Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
  • Kusriani Prasetyowati Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
  • Mahananto Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan

Abstract

Jumlah perbandingan wanita lebih besar dibandingkan laki laki. Dengan perbandingan tersebut diperlukan upaya pemberdayaan wanita untuk mengembangkan potensi yang ada. Salah satunya lewat pembentukan kelompok wanita. Kelompok Wanita Tani Dewi Sri menjadi salah satu bentuk usaha pemberdayaan wanita dalam sektor pertanian terkhusus pengembangan anggrek. Dalam keberjalanan pengembangan anggrek, Wanita Tani masih mengalami kendala baik dalam budidaya maupun penjualan. Dengan adanya peran penyuluh pertanian lapang, harapannya mereka dapat mendampingi kelompok Wanita Tani dan membantu memecahkan masalah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui persepsi wanita tani terhadap peran penyuluh pertanian lapang dalam pengembangan anggrek di Kelompok Wanita Tani Dewi Sri, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar. Metode penentuan sampel dilakukan melalui sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, tingkat capaian responden dan uji spearman rank.

 Hasil penelitian ini menunjukan persepsi wanita tani tergolong tinggi terhadap peran penyuluh sebagai motivator, fasiliatator dan tergolong sedang terhadap peran penyuluh sebagai konsultan, komunikator, dan supervisor. Pengembangan anggrek tahap budidaya dan penjualan tergolong dalam kategori sangat rendah. Hasil uji spearman rank (1) terdapat hubungan yang nyata antara persepsi wanita tani terhadap peran penyuluh pertanian lapang sebagai komunikator, supervisor dalam pengembangan anggrek tahap budidaya dan berhubungan yang tidak nyata antara persepsi wanita tani terhadap peran penyuluh pertanian lapang sebagai motivator, fasilitator dan konsultan dalam pengembangan anggrek tahap budidaya. (2) terdapat hubungan sangat nyata  antara persepsi wanita tani terhadap peran penyuluh pertanian lapang sebagai fasilitator dalam pengembangan anggrek tahap penjualan dan berhubungan yang tidak nyata antara persepsi wanita tani terhadap peran penyuluh pertanian lapang sebagai motivator, konsultan, komunikator dan supervisor dalam pengembangan anggrek tahap penjualan.

Published
2022-01-31
How to Cite
Suswadi, Mardiyanti, L. S., Prasetyowati, K., & Mahananto. (2022). PERSEPSI WANITA TANI TERHADAP PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANG DALAM PENGEMBANGAN ANGGREK (Orchidaceae). JURNAL ILMIAH AGRINECA, 22(1), 74-81. https://doi.org/10.36728/afp.v22i1.1750

Most read articles by the same author(s)