ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA INDUSTRI METE DI WONOGIRI

  • MUH. NURHADI.S

Abstract

ABSTRAKSI

Penelitian dengan mengambil judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu usaha industri mete dengan sasaran adalah para pengusaha industri mete di kabupaten Wonogiri. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui hubungan faktor usia, pendidikan dan pengalaman serta untuk mengetahui derajat usaha keberhasilan hubungan faktor usia, pendidikan dan pengalaman terhadap keberhasilan usaha. populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih. Populasi pengusaha mete di Wonogiri berjumlah lebih dari 100 pengusaha, sedang sampel yang diambil sebanyak 35 pengusaha sebagai responden dengan cara random sampling. Analisis data yang digunakan adalah korelasi berganda, korelasi parsial dan koefisien determinasi.

Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai R = 0,9401 berarti ada hubungan yang sangat kuat dan positif antara variabel X1 (usia), variabel X2 (pendidikan), variabel X3 (pengalaman) secara simultan dengan variabel Y (pendapatan). akhir r x1y - 0,0218 akhir r x2y - 0,1076; dan r x3y 0,7195. sedang koefisien determinasi menghasilkan angka sebesar 0,8838 atau 88,38%.

Author Biography

MUH. NURHADI.S
FE UTP SKA
Published
2009-01-17
How to Cite
NURHADI.S, M. (2009). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA INDUSTRI METE DI WONOGIRI. JURNAL ANALITIKA, 12(17). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JAFE/article/view/249