ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD PT BPR BKK PURWODADI (Studi Kasus Pada PT BPR BKK PURWODADI)

  • Upik Febriani Universitas Tunas Pembangunan
  • Supartini Universitas Tunas Pembangunan
  • Syahriar Abdullah Universitas Tunas Pembangunan
Keywords: Perspektif Keuangang, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis dan Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari : (1) Perspektif Keuangan, (2) Perspektif Pelanggan, (3) Perspektif Proses Bisnis dan Internal, (4) Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan terhadap Pengukuran Kinerja Perusahaan PT BPR BKK PURWODADI. Penelitian ini berjenis data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan metode simpel random sampling atau pengambilan sampel secara acak dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden yang merupakan nasabah dan karyawan PT BPR BKK PURWODADI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan data perusahaan. Hasil penelitian ini secara uji t menunjukkan bahwa variabel perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis dan internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh terhadap pengukuran kinerja perusahaan, sedangkan berdasarkan olah data dari peneliti menunjukkan bahwa variabel perspektif keuangan berpengaruh terhadap pengukuran kinerja perusahaan. Kemudian, dalam uji F menunjukkan bahwa variabel perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis dan internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh terhadap pengukuran kinerja perusahaan, sedangkan berdasarkan olah data dari peneliti menunjukkan bahwa variabel perspektif keuangan berpengaruh terhadap pengukuran kinerja keuangan. Sedangkan hasil uji Koefisien R2 memiliki nilai Adjusted R Square sebesar51,1% dan sisanya adalah 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

References

Azhimu, Fadli Malik. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja PT. Wirakencana Sugihindah Sehati Pekanbaru Menggunakan Metode Balance Scorecard. Skripsi, Progam Sarjana UIN Suska Riau, Pekanbaru.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Ilmiah. In Rineka cipta, Jakarta.

Anshori, M., dan Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.
Dewi, Rina. (2019). Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus Pada Kontraktor PT. X). JEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 4 No 1.

Evan Ariel, dkk. (2021). Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Diponegoro Palu. Jurnal Riset Akuntansi Vol 16 No 3.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 25 Edisi 9. In Universitas Diponegoro (9 ed). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haidiputri Novadiani, Trivosa Aprilia dan Ratih, Nur Cahyati. (2019). Penggunaan Metode Balance Scorecard dalam Pengukuran Kinerja PDAM Kota Probolinggo. JMB : Jurnal Manajemen Bisnis Vol 6 No 2.


Handayani, Ririn. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Janna, N. M., dan Herianto. (2021). Artikel Statistik yang benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1-
12.
Kusjono dan Ratnasari. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sumber Tenaga Lestari (Citylight Apartement) Tanggerang Selatan. Jenius (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia). Vol 2 No 2.
Mahmudi. (2019). Buku Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: STIM YPKN.

Putri Adinda, Tika dan Chriswahyudi. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard dan AHP Pada Perusahaan Jasa Pengiriman (Studi Kasus di PT. XYZ). Seminar Nasional Sains dan Teknologi.

Robert S. Kaplan, D. N. (1996). The Balance Scorecard. Harvard Business School Press.

Sitorus, Rizka Phianita. (2018). Analisis Kinerja Baznas Provinsi Sumatra Utara dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Baznas Sumatra Utara). Skripsi, Progam Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Medan.

Saputri, Ema Mustika, dkk. (2021). Pengaruh Pengukuran Balance Scorecard terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus PT. Indo Veneer Utama). JAP : Jurnal Akuntansi dan Pajak Vol 22 No 01.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Titha Paramita Pika, Putu Ayu dan Dharmadiaksa, Ida Bagus. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Konsep Balance Scorecard pada PT. BPR Sari Sedana. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.22 No 2.

Ulin Nuha, Muhammad. (2022). Analisis Kinerja Perusahaan Berbasis Balance Scorecard (Studi Empiris pada PT. Indofarma (Persero) Tbk). Jamasy : Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 2 No 3.

PT BPR BKK PURWODADI. (2023). Profil PT BPR BKK PURWODADI. Online : www.bprbkkpurwodadi.com. Diakses pada : 28 Februari 2023.

Yeni Purnami, Ni Kadek dkk. (2019). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Buleleng dengan Pendekatan Balance Scorecard. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika Vol 9 No 1.
Published
2024-01-25