IMPLEMENTASI HUKUM DASAR DAN TEORI PENGEMBANGAN INTELEGENSI DALAM PENDIDIKAN MODERN

  • DONOSUKO DONOSUKO
Abstract views: 158 , PDF downloads: 83

Abstract

Intelegensi adalah keseluruhan kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif". Intelegensi bukanlah suatu yang bersifat kebendaan, melainkan suatu fiksi ilmiah untuk mendiskripsikan perilaku individu yang berkaitan dengan kemampuan intelektual.

Pendidikan saat ini menuntut kemampuan yang tinggi dalam menyerap informasi ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Diperlukan adanya daya dukung sumber daya manusia dalam mengembangkan pendidikan. Sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam era pendidikan modern. Salah satu ciri sumber daya manusia yang berkualitas adalah memiliki intelegensi yang tinggi.

Metoda Pengembangan Intelegensi melalui Pendidikan modern sebagai hal  mutlak dibutuhkan dan dikembangkan dengan  peningkatan kemampuan berfikir inovatif, kreatif,  dengan berbagai pendekatan yang diselaraskan dengan situasi kini, sehingga akan terjadi sinergitas antara pengembangan intelegensi manusia dengan  pendidikan modern dimasa sekarang ini.

Tujuan pendidikan modern ini berlaku bagi kehidupan  untuk mencapai pertumbuhan, pengembangan, pemeliharaan dan mempertahankan kemampuan intelegensi sebagai potensi dasar manusia   agar berhasil atau sukses mencapai tujuan hidupnya secara efektip/optimal.

Published
2021-07-12
How to Cite
DONOSUKO, D. (2021). IMPLEMENTASI HUKUM DASAR DAN TEORI PENGEMBANGAN INTELEGENSI DALAM PENDIDIKAN MODERN . JURNAL ILMIAH KONSELING, 21(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIK/article/view/1583