kue

PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI DALAM KELUARGA TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELAS VIII SMPMUHAMMADIYAH 9 SAWAHAN KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATENBOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ANDI SAPUTRO

Abstract


Andi Saputro. PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI DALAM KELUARGA TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 SAWAHAN KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. November 2015.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi dalam keluarga terhadap kreativitas anak.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 Sawahan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, sampel yang digunakan adalah sebagian dari populasi yang berjumlah sebanyak 36 siswa dengan pengambilan sampel secara teknik simple random sampling.

Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh intensitas komunikasi dalam keluarga berpengaruh positif terhadap kreativitas anak siswa kelas VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 Sawahan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, dapat diterima. Hal ini berdasarkan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, 3,868 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.Implikasi yang ingin disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) komunikasi dalam keluarga adalah hubungan orang tua dengan anak akan harmonis, sehingga orang tua menjadi tahu apa yang dilakukan orang tuanya semata-mata hanya untuk anaknya saja. Apabila intensitas komunikasi terus berjalan dengan baik, maka anak akan merasa lebih nyaman dan merasa diperhatikan, karena hasil kegiatan tersebut bisa didiskusikan dengan orang tua. 2) Kreativitas anak tidak hanya perbuatan otak saja namun variabel emosi dan kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap lahirnya sebuah karya kreatif. Kecerdasan tanpa mental yang sehat sulit sekali dapat menghasilkan karya kreatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.