PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK LOKOMOTOR DENGAN MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) MELALUI LIPAS PADA SISWA KELAS 1 SDN 03 TOHUDAN COLOMADU

  • KARLINA DWIJAYANTI Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta
Keywords: Pembelajaran, Teams Game Touernament (TGT), Lipas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pembelajaran gerak lokomotor dengan model teams game tournament (TGT) melalui lipas pada siswa kelas 1 SDN 03 tohudan colomadu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelaksanaan dari bulan Maret-April 2019 di SDN 03 tohudan colomadu berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, Penerapan model pembelajaran teams game tournament melalui lipas, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor pelajaran olahraga siswa kelas satu SDN 03 tohudan colomadu. Dari hasil analisis yang diperoleh dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 selalu mengalami peningkatan. Pada pra siklus hasil belajar gerak lokomotor pelajaran olahraga pada pra siklus pencapaian siswa baru 35.45%. Kemudian menggunakan model team games tournament melalui lipas pada siklus 1 untuk mengatasi permasalahan dari pra siklus, hasil dari tes dan observasi siklus 1 menunjukkan hasil belajar mencapai 65,81%. Pada siklus 2, kembali di terapkan metode yang sama dan menunjuk salah satu siswa sebagai pemimpin teman sebaya berhasil membuat siswa termotivasi, pembelajaran berjalan dengan kondusif, dan membuat siswa senang. Hasil pengamatan hasil belajar pada siklus 2 menunjukkan 90,25%.

Published
2019-07-25
How to Cite
DWIJAYANTI, K. (2019). PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK LOKOMOTOR DENGAN MODEL TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) MELALUI LIPAS PADA SISWA KELAS 1 SDN 03 TOHUDAN COLOMADU. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 61-77. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/1005