PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PASSING DENGAN POSISI TETAP DAN BERUBAH TERHADAP KETEPATAN PASSING SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 12-14 TAHUN SSB PERSEMA MANANG TAHUN 2021

  • Andre Setianugraha Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rustam Yuliyanto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan passing dengan posisi tetap dan berubah terhadap ketepatan passing sepakbola pada atlet putra usia 12-14 tahun SSB Persema Manang tahun 2021. (2) untuk mengetahui latihan mana yang berpengaruh lebih baik terhadap ketepatan passing sepakbola pada atlet putra usia 12-14 tahun SSB Persema Manang tahun 2021.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putra usia 12-14 tahun SSB Persema Manang tahun 2021 yang berjumlah 32 atlet, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah total sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 sebanyak 16 atlet, mendapat perlakuan latihan passing dengan posisi tetap dan kelompok 2 sebanyak 16 atlet, mendapat perlakuan latihan passing dengan posisi berubah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran menggunakan petunjuk tes ketepatan passing sepakbola. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dan persentase peningkatan.

Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan passing dengan posisi tetap dan berubah, Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 2,683 lebih besar dari pada ttabel = 2,131 dengan taraf signifikansi 5%. (2) latihan passing dengan posisi berubah lebih baik pengaruhnya dari pada latihan passing dengan posisi tetap, dilihat berdasarkan dari hasil persentase peningkatan ketepatan passing sepakbola yang menunjukkan bahwa kelompok 1 sebesar 35,36% < kelompok 2 sebesar 60,49%.

Kata kunci : Sepakbola, Passing Sepakbola, Latihan Passing Posisi Tetap, Latihan Passing Posisi Berubah, Tes Ketepatan Passing Sepakbola.

Published
2022-01-31
How to Cite
Setianugraha, A., & Yuliyanto, R. (2022). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PASSING DENGAN POSISI TETAP DAN BERUBAH TERHADAP KETEPATAN PASSING SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 12-14 TAHUN SSB PERSEMA MANANG TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(1), 100-112. https://doi.org/10.36728/jis.v22i1.1832