Menghitung Validitas Dan Reliabilitas Tes Ketepatan Tusukan Dalam Permainan Anggar

  • NURUDDIN PRIYA BUDI S.

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui validitas tes ketepatan tusukan dalam permainan Anggar. (2). Untuk mengetahui reliabilitas tes ketepatan tusukan dalam permainan Anggar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penyusunan tes dari Strand and Wilson 2011. Langkah-langkahnya sebagai berikut : (1) review the criteria of good tests, (2) analyzesport to be tested, (3) preview literature, (4) select test items, (5) Establish procedures, (6) peer review, (7) pilot study, (8) determine validity reliability Objectivity, (9) develop norms, (10) construct a test manual. Populasi yang digunakan adalah atlet UTP Fencing club, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 22 atlet, teknik pengambilan sampel menggunakan Purpousive sampling. Teknik analisis data dengan statistik korelasi product moment dari K. Pearson.

Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian disimpulkan (1). Validitas tes ketepatan tusukan Anggar adalah 0.62, hasil korelasi antara ketepatan tusukan Anggar dengan hasil kompetisi bermain Anggar, bila dikonsultasikan dengan tabel validitas dari Bookwalter termasuk dalam katagori cukup dan dapat diterima. (2). Reliabilitas tes ketepatan tusukan adalah 0,87, hasil korelasi antara tes dengan retes, bila dikonsultasikan dengan tabel reliabilitas dari Bookwalter termasuk dalam katagori tinggi dan dapat diterima. Dengan demikian berarti tes ketepatan tusukan Anggar tersebut telah memenuhi kriteria alat ukur yang valid dan reliabel.

Published
2013-01-01
How to Cite
BUDI S., N. P. (2013). Menghitung Validitas Dan Reliabilitas Tes Ketepatan Tusukan Dalam Permainan Anggar. Jurnal Ilmiah Spirit, 13(1). https://doi.org/10.36728/jis.v13i1.238