HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KECEPATAN MEMANJAT TEBING BUATAN (2014)

  • TARYATMAN TARYATMAN

Abstract

Penelitian ini tergolong dalam metode survey dengan menggunakan teknik korelasional hubungan antara variabel kekuatan otot lengan, daya ledak otot tungkai, dan motivasi berprestasi yang diperoleh data pada atlet panjat tebing Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian yang menggunakan sampel sebanyak 25 atlet yang mempunyai spesialisasi kecepatan memanjat tebing buatan. Dari hasil penelitian yang didapat menggambarkan; (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kecepatan memanjat tebing buatan, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dengan kecepatan memanjat tebing buatan, (3) Terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan kecepatan memanjat tebing buatan, dan (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kekuatan otot lengan, daya ledak otot tungkai, dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kecepatan memanjat tebing buatan pada atlet panjat tebing buatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Author Biography

TARYATMAN TARYATMAN
FKIP PKO UTP SKA
Published
2014-10-03
How to Cite
TARYATMAN, T. (2014). HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KECEPATAN MEMANJAT TEBING BUATAN (2014). Jurnal Ilmiah Spirit, 14(3). https://doi.org/10.36728/jis.v14i3.281