PERSEPSI TERHADAP KESEGARAN JASMANI ORANG USIA LANJUT DI PANTI WREDHA ”WENING WARDOYO” UNGARAN TAHUN 2008

  • Heri Pendianto

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi terhadap kesegaran jasmani menurut orang usia lanjut di Panti Wredha “Wening Wardoyo†Ungaran tahun 2008. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi terhadap kesegaran jasmani menurut orang usia lanjut di Panti Wredha “Wening Wardoyo†Ungaran tahun 2008.

Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik angket sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden. Angket yang digunakan adalah angket langsung tipe pilihan yang disampaikan langsung kepada orang yang dimintai informasi tentang dirinya sendiri dengan cara memilih salah satu jawaban yang sudah tersedia. Populasi dalam penelitian ini adalah orang usia lanjut di Panti Wredha “Wening Wardoyo†Ungaran yang berjumlah 90 orang usia lanjut yang mempunyai sifat sama untuk mendapatkan bimbingan kesegaran jasmani dan sama-sama orang usia lanjut. Sampel yang digunakan adalah orang usia lanjut di Panti Wredha “Wening Wardoyo†Ungaran yang berjumlah 36 orang usia lanjut dengan mengambil 40% dari populasi. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling, yaitu cara pengambilan sampel tanpa pandang bulu dengan pemilihan kelompok subjek didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu untuk dijadikan sampel penelitian adalah orang usia lanjut yang bisa diajak bicara, yang bisa diajak komunikasi, yang tidak pikun dan yang pendengarannya masih baik. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi terhadap kesegaran jasmani yang akan dijadikan sasaran penelitian.

Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini adalah persepsi terhadap kesegaran jasmani orang usia lanjut di Panti Wredha “Wening Wardoyo†Ungaran ditemukan kurang mengerti tentang kesegaran jasmani. Selanjutnya Penulis menyarankan kepada pihak Panti Wredha “Wening Wardoyo†Ungaran untuk lebih meningkatkan aktivitas olahraga bagi orang usia lanjut agar kesegaran jasmaninya meningkat dan dapat membuat program untuk peningkatan kesegaran jasmani. Kepada pihak Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang pada umumnya dan pihak Jurusan Ilmu Keolahragaan Univesitas Negeri Semarang pada khususnya dapat berkerjasama dan memberikan bantuan seperti pembuatan program untuk meningkatkan kesegaran jasmani bagi orang usia lanjut dan pelatihan olahraga bagi instruktur di Panti Wredha “Wening Wardoyo†Ungaran.

 

Author Biography

Heri Pendianto
FKIP UTP SKA
Published
2012-06-06
How to Cite
Pendianto, H. (2012). PERSEPSI TERHADAP KESEGARAN JASMANI ORANG USIA LANJUT DI PANTI WREDHA ”WENING WARDOYO” UNGARAN TAHUN 2008. Jurnal Ilmiah Spirit, 10(2). https://doi.org/10.36728/jis.v10i2.30