STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

  • Nuruddin Priya Budi Santosa

Abstract

Tujuan pendidikan jasmani mencakup domain kognitif, afektif, psikomotorik dan fisik. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu strategi yang tepat. Ketepatan dalam memilih strategi mengajar akan berpengaruh kepada tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan mengajar. Pelaksanaan pembelajran pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pengambilan keputusan.

Pola-pola keputusan disebut gaya mengajar (teaching style), sedangkan kerangka gaya mengajar disebut spectrum gaya mengajar. Struktur spectrum gaya mengajar terdiri dari : (1) aksioma, (2) anatomi gaya mengajar (pra pertemuan, pertemuan, pasca pertemuan), (3) pembuat keputusan, (4) spektrum gaya mengajar, (5) kluster, (6) efek pengembangan. Sedangkan gaya mengajar terdiri dari 11 macam , yaitu : (1) gaya komando-A , (2) gaya latihan-B, (3) gaya resiprokal-C, (4) gaya periksa sendiri-D, (5) gaya inklusi-E, (6) gaya diskaveri terbimbing-F, (7) gaya diskaveri konvergen, (8) gaya pruduksi divergen-G, (9) gaya program individual rancangan siswa-I, (10) gaya inisiatif siswa-J, (11) gaya mengajar sendiri-K.

Author Biography

Nuruddin Priya Budi Santosa
FKIP-POK UTP SKA
Published
2012-06-06
How to Cite
Budi Santosa, N. P. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Ilmiah Spirit, 10(2). https://doi.org/10.36728/jis.v10i2.31