PROFESI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MENCETAK GENERASI EMAS DI ERA GEN-Z

  • Ananda Fidyatoni Universitas Negeri Jember
  • Pingki Eka Saputri Universitas Negeri Jember
  • Erik Teguh Prakoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Usmani Haryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata

Abstract

Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah-sekolah yang berada di Jawa Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peran profesi guru dalam pembentukan karakter untuk mencetak generasi emas di era Gen-Z. Peran profesi guru sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter peserta didik. Figur seorang guru sangat penting dalam Pendidikan karakter ini, karena keberadaan figure seorang guru yakni sebagai sentral dalam Pendidikan. Guru memiliki wewenang untuk dikondisikan dan diarahkan, yakni ruang kelas yang ia pegang. Otoritas dan wewenang seorang guru sangatlah besar, ia dapat berinteraksi dengan para peserta didik. Melalui interaksi tersebut figure seorang guru dapat menyelipkan pesan yang tersirat tentang Pendidikan karakter dan moral pada kehidupan sehari-hari.

Pada era dini ini Pendidikan umum sudah mudah untuk diakses di mana saja bahkan bisa didapatkan melalui AI. Namun Pendidikan karakter dan moral tidak bisa didapatkan melalui AI. Maka kehadiran seorang pendidik sangatlah penting untuk memberikan Pendidikan karakter dan moral tersebut. Pada era dini ini pasti setiap Pendidikan umum akan diselipi dengan adanya Pendidikan karakter dan moral di dalamnya. Mengingat sekarang sudah mulai memudarnya karakter dan moral yang ada di dalam diri para generasi muda. Dengan diselipkannya Pendidikan karakter dan moral diharapkan dapat membentuk generassi yang berkarakter dan bermoral baik.

Banyak faktor yang mempengaruhi pembentukan karakteristik pada peserta didik. Salah satu faktornya yakni peran sosok guru pada Pendidikan karakteristik dan moral. Guru memiliki pengaruh yang sangat besar di lingkungan sekolah. Faktor lainnya juga dapat diakibatkan oleh lingkungan sekitar yang tidak mendukung berkembangnya karakter dan moral yang baik bagi peserta didik. Lingkungan yang sehat sangat di butuhkan dalam pembentukan karakter dan moral. Lingkungan juga berdampak besar bagi pembentukan karkter dan moral. Karena, waktu yang dihabiskan peserta didik lebih banyak dilakukan di dalam lingkungan. Tak luput juga faktor keluarga juga sangat berpengaruh pada proses pembentukan karakter dan moral ini. Karena peserta didik pertama kali mendapatkan Pendidikan karakter dan moral pasti di lingkungan keluarga bukan di lingkungan sekolah. Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif, data yang diperoleh didapatkan melalui Teknik kuesioner atau angket.

Kata Kunci: profesi guru, pembentukan karakter, generasi emas.

 

Published
2024-01-05
How to Cite
Ananda Fidyatoni, Pingki Eka Saputri, Prakoso, E. T., & Usmani Haryanti. (2024). PROFESI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MENCETAK GENERASI EMAS DI ERA GEN-Z. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(1), 60-67. https://doi.org/10.36728/jis.v24i1.3191