PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN DAN BASKET UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • KUSBANI KUSBANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan model modifikasi permainan Bola tangan dan bola basket yang efektif dan dapat diterima untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan produk model modifikasi materi permainan Bola tangan dan bola basket dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa Sekolah  menengah Kejuruan dilakukan dengan beberapa tahapan: mendesain draf produk awal, validasi ahli, uji coba skala kecil, revisi tahap I, uji coba skala luas, dan revisi tahap II (revisi terakhir). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI (sebelas) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Metro, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Metro, dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Metro. Subjek penelitian adalah 77 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh 1 (satu) orang ahli Pendidikan Jasmani dan 3 (tiga) orang guru.Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 16 siswa dan uji coba skala luas dilakukan terhadap 77 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi dan pengukuran. Data berupa penilaian mengenai kualitas keterterimaan produk, saran untuk produk, dan hasil perhitungan denyut nadi siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentasi untuk mengugkapkan aspek psikomotor, afektif dan kognitif, serta analisis statistic uji-t dengan taraf signifikan 0,01, untuk mengetahui pengaruh atau perbedaan denyut nadi siswa sebelum dan setelah menggunakan produk.

Hasil penelitian ini menghasilkan produk permainan botabas untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat dengan efektifitasnya peningkatan denyut nadi rata-rata 54,48% siswa SMK Negeri 1 Metro, SMK Negeri 2 Metro dan SMK Negeri 3 Metro. Dilihat dari keterterimaan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor maka rata-rata pada aspek tersebut berkisar 82,07%.

Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka disarankan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan dapat menggunakan produk model modifikasi permainan botabas ini, dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan. Karena permainan botabas dapat mengefektifkan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Author Biography

KUSBANI KUSBANI
FKIP PKO UTP SKA
Published
2012-01-01
How to Cite
KUSBANI, K. (2012). PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERMAINAN BOLA TANGAN DAN BASKET UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Ilmiah Spirit, 12(1). https://doi.org/10.36728/jis.v12i1.329