PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • DWI SUPRIYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu model modifikasi permainan sepakbola yang efektif dan dapat diterima untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Siswa Sekolah Dasar (SD).

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model modifikasi permainan sepakbola untuk siswa SD. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan: 1) mendesain draf produk awal, 2) validasi ahli, 3) uji coba skala kecil, 4) revisi tahap I, 5) uji coba skala luas dan 6) revisi tahap II (revis terakhir). Subjek penelitian adalah siswa kelas V (lima) SD Negeri  3 Branti Raya 29 siswa, SD Negeri 3 Candimas 32 siswa, dan SD Negeri 2 Branti Raya 44 siswa. Subjek penelitian adalah 105 siswa. Validasi ahli dilakukan oleh 1 (Satu) orang ahli Pendidikan Jasmani dan 3 (tiga) orang guru pendidikan jasmani di SD. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 26 siswa dan uji coba skala luas dilakukan terhadap 105 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, observasi dan pengukuran. Data berupa penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk produk, dan hasil perhitungan denyut nadi siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentasi untuk mengungkapkan asek psikomotor, afektif dan kognitif, serta persentasi rata-rata kenaikan peningkatan denyut nadi.

Hasil penelitian ini adalah berupa: 1) permainan sepakbola gawang holahop. 2) Hasil uji efektivitas produk di SD Negeri 3 Branti, SD Negeri 2 Branti, dan SD Negeri 3 Candimas didapatkan hasil rata-rata kenaikan denyut nadi berkisar 50,25 %. 3) Hasil uji keterterimaan produk pada aspek psikomotor, afektif dan kognitif mendapatkan rata-rata 87,62%.

Disimpulkan bahwa Pengembangan model modifikasi permainan sepakbola untuk SD menghasilkan suatu produk modifikasi permainan sepakbola gawang holahop yang efektif dan dapat diterima dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka disarankan bagi guru penjas di sekolah dasar dapat menggunakan produk model modifikasi sepakbola gawang holahop, dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan. Karena permainan sepakbola gawang holahop dapat mengefektifkan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Author Biography

DWI SUPRIYANTO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2012-01-01
How to Cite
SUPRIYANTO, D. (2012). PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Spirit, 12(1). https://doi.org/10.36728/jis.v12i1.330