PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SHOOTING SECARA CONTINUE DAN INTERVAL TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING KEGAWANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 10–12 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA SR SOCCER SCHOOL KARANGANYAR TAHUN 2023

  • Arief Ichsan Fernando Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Risa Agus Teguh wibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Rendra Agung Prabowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Ada tidaknya perbedaan Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting  Secara Continue Dan Interval  Terhadap Kemampuan Shooting  Kegawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer Scholl Tahun 2023. 2).  Latihan yang lebih baik manakah antara Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting  Secara Continue Dan Interval  Terhadap Kemampuan Shooting  Kegawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer Scholl Tahun 2023.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and post-test group. Populasi penelitian ini adalah Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer Scholl Tahun 2023 yang berjumlah 45 orang atlet. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 orang dengan teknik random melalui undian. Pembagian Kelompok Secara Ordinal Pairing. Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan Shooting  Bobby Charlton dari Danny Mielke (2007: 76). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: 1). Ada Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting  secara continue Dan Interval  Terhadap Kemampuan Shooting  Ke gawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer School Karanganyar Tahun 2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.588 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. 2). Latihan Shooting  Interval  lebih baik pengaruhnya dari pada metode Sirkuit Terhadap Kemampuan Shooting  Ke gawang Dalam Permainan Sepakbola Pada Atlet Putra Usia 10–12 Tahun Sekolah Sepakbola SR Soccer School Karanganyar Tahun 2023. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan Shooting  dalam bola dalam permainan Sepak Bola menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Shooting  secara Continue) adalah 26.32% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat Interval ) adalah 42.05%.

Kata Kunci : Latihan Continue, Interval, Shooting, Sepakbola

Published
2024-06-03
How to Cite
Arief Ichsan Fernando, wibowo, R. A. T., & Rendra Agung Prabowo. (2024). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SHOOTING SECARA CONTINUE DAN INTERVAL TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING KEGAWANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 10–12 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA SR SOCCER SCHOOL KARANGANYAR TAHUN 2023. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 1-11. https://doi.org/10.36728/jis.v24i1.3443