PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SENAM BODY LANGUAGE DAN PILATES TERHADAP PENURUNAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DITINJAU DARI KEMAMPUAN GERAK (Studi Eksperimen pada Anggota Sanggar Senam Putra Sumberan Weru Sukoharjo)

  • H. HARTINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh antara latihan senam body language dan pilates terhadap penurunan persentase lemak tubuh, (2) perbedaan penurunan persentase lemak tubuh antara anggota sanggar senam yang memiliki kemampuan gerak tinggi dan rendah, (3) pengaruh interaksi antara latihan senam aerobik dan kemampuan gerak terhadap penurunan persentase lemak tubuh.

Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota sanggar senam Putra Sumberan Weru Sukoharjo, berjumlah 40 peserta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive random sampling. Teknik analisis datanya menggunakan ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA Rancangan 2 x 2, terlebih dulu digunakan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan α = 0,05 %) dan Uji homogenitas varians (Uji Bartlett dengan α = 0,05 %).

Kesimpulan Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan senam body language dan pilates terhadap penurunan persentase lemak tubuh, (2) Ada perbedaan penurunan persentase lemak tubuh yang signifikan antara anggota sanggar senam yang memiliki kemampuan gerak tinggi dan rendah, (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara latihan senam Body Language, Latihan Senam Pilates dan kemampuan gerak terhadap penurunan persentase lemak tubuh.

 

Author Biography

H. HARTINI
FKIP PKO UTP SKA
Published
2019-01-01
How to Cite
HARTINI, H. (2019). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SENAM BODY LANGUAGE DAN PILATES TERHADAP PENURUNAN PERSENTASE LEMAK TUBUH DITINJAU DARI KEMAMPUAN GERAK (Studi Eksperimen pada Anggota Sanggar Senam Putra Sumberan Weru Sukoharjo). Jurnal Ilmiah Spirit, 16(1). https://doi.org/10.36728/jis.v16i1.501