MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI GAWANG PANTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI II PANDAN KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • RENDRA AGUNG P.

Abstract

Sepak bola merupakan olahraga yang banyak digemari anak sekolah tingkat SD akan tetapi masih banyaknya siswa yang kurang sungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran sepak bola, hal tersebut ditunjukkan bahwa masih rendahnya motivasi siswa dalam bermain sepak bola kurangnya pengembangan metode pembelajaran yang bervariasi oleh guru pembimbing. Rumusan  masalah dari penelitian ini diteliti melalui modifikasi gawang pantul. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas V SD Negeri II Pandan dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil kerja, sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui modifikasi gawang pantul sedangkan subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri II Pandan Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasiltes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal hasil belajar siswa menunjukkan hanya 6 siswa yang telah tuntas dari KKM yang diharapkan yaitu 75, sedangkan 15 siswa masih dibawah KKM dengan presentase ketuntasan siswa mencapai 28,57%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 dari 21 siswa (85,71%) dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 20 dari 21 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 95,2%.

Kesimpulan peneliti ini adalah melalui modifikasi gawang pantul dapat meningkatkan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas V SD N II Pandan Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri tahun Pelajaran 2018/2019.

Author Biography

RENDRA AGUNG P.
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-10-03
How to Cite
P., R. A. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI GAWANG PANTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI II PANDAN KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(3). https://doi.org/10.36728/jis.v18i3.781