PERBEDAAN METODE LATIHAN ANTARA MENGGUNAKAN BOLA BASKET STANDARD DAN MENGGUNAKAN BOLA BASKET TIDAK STANDARD TERHADAP TEMBAKAN FREE THROW PEMAIN PUTRI EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 6 SURAKARTA

  • RENDRA AGUNG PRABOWO

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Metode Latihan Antara Menggunakan Bola Basket Standard Dan Menggunakan Bola Basket Tidak Standard Terhadap Tembakan Free Throw pemain putri ekstrakurikuler SMA Negeri 6 Surakarta Tahun 2017, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara hasil free Throw bola basket dengan Metode Latihan Antara Menggunakan Bola Basket Standard Dan Menggunakan Bola Basket Tidak Standard terhadap hasil free Throw bola basket pada pemain putri  ekstrakurikuler SMA Negeri 6 Surakarta.

Sampel penelitian adalah pemain putri ekstrakurikuler SMA Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Porpusive Sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil free Throw bola basket dengan Menggunakan Bola Basket Standard Dan Menggunakan Bola Basket Tidak  Standard sebagai variabel bebas serta free throw bola basket variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui hasil free throw bola basket menggunakan Tes tembakan bebas bola basket (baterai test dari AAHPERD Basket Ball Test Manual dari Johnson & Nelson, 1986:275-279). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Menggunakan Bola Basket Standard Dan Menggunakan Bola Basket Tidak Standard terhadap hasil free throw bola basket pada pemain putri ekstrakurikuler SMA Negeri 6 Surakarta. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.0728 lebih besar dari pada ttabel= 2,145dengan taraf signifikasi 5%. (2) Metode Menggunakan Bola Basket Tidak Standard lebih baik pengaruhnya dari pada metode dengan bagianterhadap hasil free throw bola basket pada pemain pemain putri ekstrakurikuler SMA Negeri 6 Surakarta. Berdasarkan persentase hasil free throw bola basket menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Menggunakan Bola Basket Standard) adalah 14.981% < kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode Menggunakan Bola Basket Tidak Standard) adalah 15.103%.

Author Biography

RENDRA AGUNG PRABOWO
FKIP UTP SKA
Published
2017-07-01
How to Cite
PRABOWO, R. A. (2017). PERBEDAAN METODE LATIHAN ANTARA MENGGUNAKAN BOLA BASKET STANDARD DAN MENGGUNAKAN BOLA BASKET TIDAK STANDARD TERHADAP TEMBAKAN FREE THROW PEMAIN PUTRI EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Jurnal Ilmiah Spirit, 17(2). https://doi.org/10.36728/jis.v17i2.840

Most read articles by the same author(s)