PERBEDAAN PENGARUH ANTARA METODE LATIHAN SECARA TERUS MENERUS DAN DISELINGI ISTIRAHAT TERHADAP HASIL FREE THROW BOLA BASKET PADA MAHASISWA PUTRA PKO FKIP UTP SURAKARTA

  • WISNU MAHARDIKA
  • AGUS SUPRIYOKO

Abstract

Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, mempunyai program pendidikan kepelatihan olahraga dengan berbagai kelebihan dan kekurangan dalam setiap cabang olahraganya. Salah satu cabang yang sangat di gemari oleh masyarakat adalah permainan bola basket. Dengan mengedepankan kualitas teknik dan kondisi fisik dalam setiap program latihannya, permainan bola basket menjadi permainan yang menarik dan berkualitas. Terkhusus dalam melakukan free throw dalam permainan bola basket dipenelitian ini diberikan metode latihan secara terus menerus dan diselingi istirahat.

Mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga FKIP UTP Surakarta pada umumnya yang belum menguasai teknik free throw dalam bola basket, merasa belum siap bahkan belum memiliki kekuatan yang memadai, sehingga mengalami kesulitan untuk melakukan kemampuan free throw dalam bola basket. Kurangnya sarana yang kurang efektif merupakan faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya peningkatan kemampuan free throw dalam bola basket. Selain itu, jarang sekali seorang dosen maupun pelatih menciptakan variasi-variasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan mahasiswanya. Kondisi yang tidak memungkinkan untuk membelajarkan mahasiswa dengan sarana yang ada, menuntut dosen maupun pelatih berkreativitas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Fokus penelitian adalah metode latihan secara terus menerus dan diselingi istirahat dengan fokus utama pada penerapan intensitas latihan untuk meningkatkan teknik dasar shooting terutama free throw dalam permainan bola basket. Kesimpulannya adalah Metode latihan diselingi istirahat lebih baik pengaruhnya dari pada metode latihan terus menerusterhadap hasilfree throw, kelompok 1 (metode terus menerus) adalah 18.863% < kelompok 2 (metode diselingi istirahat) adalah 19.226%.

 

Author Biographies

WISNU MAHARDIKA
FKIP UTP SUARAKARTA
AGUS SUPRIYOKO
FKIP UTP SKA
Published
2019-01-29
How to Cite
MAHARDIKA, W., & SUPRIYOKO, A. (2019). PERBEDAAN PENGARUH ANTARA METODE LATIHAN SECARA TERUS MENERUS DAN DISELINGI ISTIRAHAT TERHADAP HASIL FREE THROW BOLA BASKET PADA MAHASISWA PUTRA PKO FKIP UTP SURAKARTA. Jurnal Ilmiah Spirit, 19(1). https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.954

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>