UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN GERAK DASAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN SEDERHANA DI SEKOLAH DASAR

  • ANDRI ARIF KUSTIAWAN
  • ABA SANDI PRAYOGA
  • ARIEF NUR WAHYUDI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana pada siswa kelas II  SDN Ploso I Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Ploso I Kabupaten Pacitan yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 20 siswa putra dan 10 siswa putri. Sumber data berasal dari guru,peserta didik,dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi,penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data. Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.

Dari hasil penelitian ini analisis yang diperoleh dari kondisi awal siswa yang lulus hanya 9 siswa atau 30 %, di siklus pertama siswa yang lulus menjadi 16 siswa atau 53,34 % dan di siklus kedua siswa yang lulus menjadi 26 siswa atau 86,67 % sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif pada siswa kelas II  SDN Ploso I Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2018/2019.

 

Author Biographies

ANDRI ARIF KUSTIAWAN
UNWAHAS
ABA SANDI PRAYOGA
UNWAHAS
ARIEF NUR WAHYUDI
UTP SKA
Published
2019-01-30
How to Cite
KUSTIAWAN, A. A., PRAYOGA, A. S., & WAHYUDI, A. N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN GERAK DASAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN SEDERHANA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Spirit, 19(1). https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.957