UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAYA KUPU-KUPU MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PELAMPUNG BOTOL DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA TAHUN 2018

  • FERI FITRIYANTO
  • HERYWANSYAH HERYWANSYAH
  • ASENA PUTRI
  • AYUK PRASTIWI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar gaya kupu-kupu mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga menggunakan modifikasi alat pelampung botol di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta tahun 2018.

            Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua Siklus, dengan tiap Siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Objek penelitian terdiri dari mahasiswa semester 6B berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari mahasiswa. Pengumpulan data dengan tes ketrampilan teknik dasar gaya kupu (Psikomotor), Observasi pengamatan sikap mahasiswa (Afektif ) dan pengetahuan mahasiswa (Kognitif). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase.

            Pada penelitian Pra Siklus didapatkan hasil pencapaian belajar mahasiswa Aspek Psikomotor 26%, Aspek Afektif 65% dan Aspek Kognitif 63%. Pada hasil belajar gaya kupu-kupu Siklus I pencapaian hasil belajar Aspek Psikomotor meningkat menjadi 43%, Aspek Afektif meningkat menjadi 69% dan Aspek Kognitif meningkat menjadi 68%. Pada Siklus II terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar pada Aspek Psikomotor meningkat menjadi 62%, Aspek Afektif meningkat menjadi 76% dan Aspek Kognitif meningkat menjadi 70%. 

            Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa : Penerapan metode pembelajaran melalui modifikasi alat pelampung botol dapat meningkatkan hasil belajar gaya kupu-kupu pada mahasiswa S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan Surakarta Tahun 2018.

Author Biographies

FERI FITRIYANTO
FKIP UTP SKA
HERYWANSYAH HERYWANSYAH
UTP SKA
AYUK PRASTIWI
FKIP UTP SKA
Published
2018-01-12
How to Cite
FITRIYANTO, F., HERYWANSYAH, H., PUTRI, A., & PRASTIWI, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAYA KUPU-KUPU MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PELAMPUNG BOTOL DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(1). https://doi.org/10.36728/jis.v18i1.964