http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/issue/feed Jurnal Ilmiah Spirit 2024-02-12T16:22:55+07:00 Risa Agus Teguh spiritjournal@utp.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal ini berisi artikel ilmiah tentang Pendidikan, Pembelajaran, Olahraga dan Kesehatan yang diterbitkan oleh Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UTP Surakarta</p> http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3132 IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER FUTSAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA 2024-02-12T16:19:32+07:00 Riska Septiani Putri riskaseptiani@upi.edu Mochamad Anfal Noviansyah anfalnoviansyah25@upi.edu Suhail Muhammad Arkaan suhelarkaan07@upi.edu Zayan Nur Muhammad zayannm027@upi.edu Anofuli Saro Harefa anofharefa376@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi wilkysgm@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter yang diterapkan untuk siswa yang mengikuti ekstrakulikuler futsal di SMPN 48 Kota Bandung. Melalui pendidikan karakter yang diterapkan oleh para pelatih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan penelitian tersebut menunjukan hasil bahwa kegiatan ektrakulikuler futsal merupakan salah satu latihan yang digunakan untuk membantu siswa membangun karakternya. Ini adalah hasil dari tindakan ekstrakulikuler futsal adalah kegiatan yang dapat membantu anak-anak menemukan bakat mereka, meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan menyempurnakan keterampilan, hobi, dan kemampuan mereka.. Karakter yang didapat siswa setelah mengikuti ekstrakulikuler futsal diantaranya adalah: kolaborasi pengendalian diri, akuntabilitas, kemandirian, integritas, dan ketekunan.</p> <p><strong>Kata-kata kunci: </strong>karakater, siswa, esktrakulikuler</p> 2023-12-31T13:36:31+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3010 PERAN GURU MENGENAI PEMBENTUKAN KARAKTER INDIVIDU / SISWA TERKAIT DENGAN JIWA BERKOMPETISI DI SDN ARGAPURI 2024-02-12T16:19:55+07:00 Siti Zakiatul Balqis sitizakiatulbalqis16@upi.edu Hazel Mumtazza Hazelmumtazza@upi.edu Dinda Ayu Lestari dindaayu120704@upi.edu Deni Kurniawan denikurniawan25@upi.edu Putri Nabila Indriani putrinabila.2@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi wilkysgm@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dan upaya guru SD Negeri Alghapuri dalam menanamkan jiwa kompetitif pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan survei secara online kepada 35 orang guru yang masih mengajar. Survei ini terdiri dari lima pertanyaan, tiga di antaranya merupakan pertanyaan jawaban singkat dengan lima pilihan respons, dan dua lainnya merupakan pertanyaan terbuka mengenai pendapat dan pengalaman pribadi guru. Penelitian menunjukkan bahwa para guru di Sekolah Dasar Negeri Argapuri sangat menghargai pentingnya menanamkan semangat kompetitif pada siswa sejak usia dini, karena mereka menyadari bahwa bukan hanya lingkungan sekolah yang menumbuhkan semangat kompetitif yang mereka lakukan, dan tidak menganggap bahwa menumbuhkan jiwa berkompetisi hanya tanggung jawab seorang guru. Guru-guru di SD Negeri Argapuri juga memiliki berbagai cara untuk menanamkan jiwa berkompetisi pada siswa, seperti memberikan motivasi, bimbingan, binaan, nasehat, reward, penilaian, suasana kelas yang menyenangkan, kedisiplinan, rasa tanggung jawab, proyek profil pelajar pancasila, dan melatih siswa untuk menghadapi kemenangan atau kekalahan dalam kompetisi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi guru-guru, siswa, orang tua, dan pihak-pihak terkait lainnya dalam meningkatkan jiwa berkompetisi siswa di era globalisasi.</p> <p>Kata Kunci: jiwa berkompetisi, pendidikan karakter, siswa</p> 2023-12-31T13:51:51+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3023 PEMAHAMAN KARAKTER ANAK DALAM PENDIDIKAN JASMANI 2023-12-31T14:32:37+07:00 Haikal Musyaffa h.msyffa04@upi.edu Syahwa Ananda Aulia h.msyffa04@upi.edu Maulida Aldora Fahira h.msyffa04@upi.edu Vania Aurellia Azzahra h.msyffa04@upi.edu Yusuf Ridwan Sakha h.msyffa04@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi h.msyffa04@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengertian karakter anak, unsur unsur, dan macam macam karakter anak dalam penjas. Jenis metode ini adalah metode kualitatif dengan tujuan untuk mendapat diskripsi utuh dan mendalam dari karakteristik anak didik. Data yang dihasilkan selanjutnya dianalisis sehingga dapat menentukan jenis jenis karakter anak tertentu untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih tepat . Adapun instrumen penelitiannya adalah wawancara dan kuisioner. Sumber data penelitian ini adala &nbsp;hasil jawaban kuisioner mahasiswa FPOK. Proses pelaksanaannya dengan metode pembelajaran yang mana jenis-jenis dan unsur-unsur &nbsp;karakter muncul dalam pembelajaran jasmani. Dampak pendidikan jasmani adalah meningkatkan kualitas karakter anak yang baik dalam mengatur mental dan fisik anak karna secara secara tidak langsung pendidikan jasmani sangat berhubungan dengan karakter anak. Dampak penerapan karakter anak pada Pendidikan jasmani ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang menyenangkan, motivasi, inspiratif, dan bermakna. Selain itu, peserta didik mendapat pembelajaran yang menyenangkan dan memiliki potensi pemahaman yang lebih baik.</p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>: </em><em>karakter anak, pendidikan jasmani, </em><em>metode pembelajaran.</em></p> 2023-12-31T14:08:35+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3005 PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MAHASISWA PJKR SEBAGAI CALON PENDIDIK 2024-02-12T16:20:34+07:00 M Ihya Alimuddin mihyaalimuddin06@upi.edu Muhammad Azka Nazhar mihyaalimuddin06@upi.edu Ina Nurmalasari mihyaalimuddin06@upi.edu Muhammad Ridho Muzakkir mihyaalimuddin06@upi.edu Raka Muhamad Heryanto mihyaalimuddin06@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi mihyaalimuddin06@upi.edu <p>Penerapan nilai-nilai karakter pada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan sebagai calon pendidik. Fokusnya adalah untuk memastikan bahwa selain memiliki pengetahuan yang memadai, mereka juga memahami dan menerapkan etika dan integritas dalam proses pembelajaran. Olahraga bukan hanya tentang aspek fisik atau keterampilan teknis, melainkan juga melibatkan nilai-nilai kepribadian yang berperan penting dalam membentuk individu yang bertanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan mencakup tinjauan kepustakaan dan metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menggambarkan pemahaman tentang penerapan nilai-nilai karakter, sementara tinjauan kepustakaan melibatkan penelaahan artikel ilmiah, buku, majalah, atau materi terkait. Hasil penelitian mencakup peran dosen sebagai teladan dan pembimbing karakter, pengaruh lingkungan kampus terhadap pembentukan karakter, serta tantangan dan solusi dalam penerapan nilai-nilai karakter. Selain itu, karakter mahasiswa sebagai calon pendidik penting, termasuk pembentukan teladan positif, menciptakan lingkungan belajar yang positif, meningkatkan kualitas pengajaran, menjalin hubungan baik dengan mahasiswa dan orang tua, dan pengajaran nilai-nilai moral dan etika. Pentingnya pembentukan karakter calon pendidik diakui sebagai investasi jangka panjang dalam mendidik generasi pendidik yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan empati. Dengan memastikan mahasiswa Memahami dan menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Pendidik yang mampu memimpin siswa dengan contoh yang baik dan membawa perubahan positif dalam masyarakat. Oleh karena itu, pembentukan karakter calon pendidik harus diberikan prioritas di perguruan tinggi untuk memastikan generasi mendatang memiliki karakter yang baik dan dapat menciptakan lingkungan belajar&nbsp;yang&nbsp;positif.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, etika, mahasiswa, dan dosen.</p> 2023-12-31T14:29:08+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3215 PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA BIDANG PENDIDIKAN JASMANI UNTUK MENINGKATKAN DAN MENGEMBANGKAN PRESTASI SISWA 2023-12-31T15:16:53+07:00 Ade Pia Nurfajariyah aderiyah03@upi.edu Kasih Permatahati kasihpermata06@upi.edu Ilham Adjie Dwi Pramanta adjilhm31@upi.edu Muhammad Hasan Nasrullah mhmdhasannas21@upi.edu Mochamad Wisnu Aziz m.wisnu.aziz@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi wilkysgm@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikan Jasmani. Perbedaan dalam tingkat prestasi akademik siswa dalam bidang pendidikan jasmani setelah mengalami peningkatan penguasaan Bahasa Indonesia. Hal ini karena bahasa adalah alat komunikasi yang penting dalam pembelajaran, termasuk dalam pelajaran pendidikan jasmani. Dengan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik dalam bahasa Indonesia, siswa mungkin dapat memahami instruksi dan konsep dengan lebih baik, mengikuti materi pembelajaran dengan lebih efektif, dan menyampaikan pengetahuan atau keterampilan yang mereka miliki dengan lebih jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan bahasa Indonesia secara signifikan memberikan kontribusi pada peningkatan prestasi siswa dalam bidang pendidikan jasmani. Kemampuan memahami perintah, mengkomunikasikan gagasan, dan mengkomunikasikan pengetahuan atau keterampilan dengan jelas dan efektif merupakan aspek penting yang mempengaruhi peningkatan kinerja akademik.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Bahasa, Pendidikan, Prestasi.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3216 PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PARTISIPASI DALAM OLAHRAGA 2024-02-12T16:22:10+07:00 Isma Mahdalena agniynta04@upi.edu Bayu Alfarizi agniynta04@upi.edu Sahrullah Ramadhan agniynta04@upi.edu Agni Yunita agniynta04@upi.edu Nabil Fairel Atharizz wilkysgm@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi wilkysgm@upi.edu <p>Keikutsertaan seseorang dalam suatu olahraga tidaklah terjadi dalam konteks otomatis memiliki dampak positif atas pembentukan kepribadian manusia. Karakter suatu individu dapat dibentuk oleh setiap pengalaman dari kejadian yang terjadi ,salah satunya adalah pengalaman olahraga,Tapi ini sebatas bisa terjadi jika diciptakannya lingkungan olahraga serta bagi tujuan pengembangan karakter. Latihan bisa melakukan pembentukan karakter positif jikalau keadaan mendukungnya dalam arti positif dilakukan pemenuhan terhadapnya, contohnya dengan kepemimpinan yang baik serta perilaku pembinaan yang baik. Menyumbangkan&nbsp; pemain, administrator, penonton, orangtua serta pelatih itu sendiri amat penting guna mendapatkan dampak positif dari partisipasi olahraga.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Karakter, Olahraga</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3209 BAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI WASIT DENGAN PEMAIN SEPAK BOLA 2023-12-31T16:41:13+07:00 Dino Satryo dinosatryo2004@gmail.com Gilang Ramaputra gilangramp23@upi.edu Mochamad Endang mochamadendang@upi.edu Muhammad Fahmi muhfahmi1307@upi.edu Nadira Yaziar ndryzr28@upi.edu Mochamad Whilky Rizkyanfi wilkysgm@upi.edu <p>Tujuan dari penulisan artikel ini antara lain untuk keseragaman komunikasi Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, wasit dapat memastikan bahwa komunikasi dengan pemain sepakbola di liga Indonesia selalu seragam dan tidak menimbulkan kebingungan. Dengan berkomunikasi dalam bahasa yang dipahami oleh semua pihak, wasit dapat memastikan bahwa semua petunjuk dan peringatan dari wasit dapat dipahami dengan jelas serta meminimalkan kekeliruan. Menggunakan bahasa Indonesia yang dipahami oleh semua pihak dapat mengurangi kemungkinan kebingungan atau kesalahpahaman. Ini sangat penting terutama dalam situasi-situasi krusial seperti memberikan penjelasan terkait keputusan wasit. Jika pemain tidak memahami apa yang diinginkan wasit, hal ini dapat menyebabkan frustasi dan meningkatkan potensi konflik di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana komunikasi krusial antara wasit dan pemain sepak bola untuk memastikan pemahaman aturan serta instruksi selama pertandingan.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Sepakbola, Kelincahan, Keseimbangan</p> 2023-12-31T16:41:12+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3224 PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEKNIK DAN BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA OBREIN PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SD N 02 MALANGGATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. 2024-02-12T16:22:55+07:00 Totong Umar totongumar.w2@gmail.com Ronny Suryo Narbito totongumar.w2@gmail.com Devina Dwi Anggarita totongumar.w2@gmail.com <p>Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Teknik dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Metode Pembelajaran Teknik dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik<em> Total Sampling</em>. Variabel penelitian ini yaitu hasil Tolak Peluru Gaya Obrein dengan Metode Pembelajaran Teknik dan Bermain sebagai variabel bebas serta hasil Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan <em>pretest-posttest design</em>. Tes untuk mengetahui Tolak Peluru Gaya obrien menggunakan tes Tolak Peluru Gaya obrien menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Pusat pengembangan kualitas jasmani, departemen pendidikan nasional (1999:16<em>)</em>. Metode analisis data penelitian menggunakan rumus <em>t-test</em> yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.</p> <p>Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran teknik Dan Pembelajaran bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu t<sub>hitung </sub>= 4.814 lebih kecil dari pada t<sub>tabel</sub> = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Metode Pembelajaran teknik lebih baik pengaruhnya dari pada metode pembelajaran bermain Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan persentase peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Obrein Pada siswa kelas 4 dan 5 SD N 02 Malanggaten Tahun Pelajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Pembelajaran Teknik) adalah 14.010% &gt; kelompok 2 (kelompok yang mendapat Pembelajaran bermain ) adalah 12.139%.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Metode Pembelajaran Teknik, Bermain, Tolak Peluru Gaya Obrein</p> 2024-01-03T16:49:54+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3191 PROFESI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MENCETAK GENERASI EMAS DI ERA GEN-Z 2024-01-05T11:47:35+07:00 Ananda Fidyatoni erik@lecture.utp.ac.id Pingki Eka Saputri erik@lecture.utp.ac.id Erik Teguh Prakoso erikprakoso3123@gmail.com Usmani Haryanti erik@lecture.utp.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah-sekolah yang berada di Jawa Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peran profesi guru dalam pembentukan karakter untuk mencetak generasi emas di era Gen-Z. Peran profesi guru sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter peserta didik. Figur seorang guru sangat penting dalam Pendidikan karakter ini, karena keberadaan figure seorang guru yakni sebagai sentral dalam Pendidikan. Guru memiliki wewenang untuk dikondisikan dan diarahkan, yakni ruang kelas yang ia pegang. Otoritas dan wewenang seorang guru sangatlah besar, ia dapat berinteraksi dengan para peserta didik. Melalui interaksi tersebut figure seorang guru dapat menyelipkan pesan yang tersirat tentang Pendidikan karakter dan moral pada kehidupan sehari-hari.</p> <p>Pada era dini ini Pendidikan umum sudah mudah untuk diakses di mana saja bahkan bisa didapatkan melalui AI. Namun Pendidikan karakter dan moral tidak bisa didapatkan melalui AI. Maka kehadiran seorang pendidik sangatlah penting untuk memberikan Pendidikan karakter dan moral tersebut. Pada era dini ini pasti setiap Pendidikan umum akan diselipi dengan adanya Pendidikan karakter dan moral di dalamnya. Mengingat sekarang sudah mulai memudarnya karakter dan moral yang ada di dalam diri para generasi muda. Dengan diselipkannya Pendidikan karakter dan moral diharapkan dapat membentuk generassi yang berkarakter dan bermoral baik.</p> <p>Banyak faktor yang mempengaruhi pembentukan karakteristik pada peserta didik. Salah satu faktornya yakni peran sosok guru pada Pendidikan karakteristik dan moral. Guru memiliki pengaruh yang sangat besar di lingkungan sekolah. Faktor lainnya juga dapat diakibatkan oleh lingkungan sekitar yang tidak mendukung berkembangnya karakter dan moral yang baik bagi peserta didik. Lingkungan yang sehat sangat di butuhkan dalam pembentukan karakter dan moral. Lingkungan juga berdampak besar bagi pembentukan karkter dan moral. Karena, waktu yang dihabiskan peserta didik lebih banyak dilakukan di dalam lingkungan. Tak luput juga faktor keluarga juga sangat berpengaruh pada proses pembentukan karakter dan moral ini. Karena peserta didik pertama kali mendapatkan Pendidikan karakter dan moral pasti di lingkungan keluarga bukan di lingkungan sekolah.&nbsp;Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif, data yang diperoleh didapatkan melalui Teknik kuesioner atau angket.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <strong>profesi guru, pembentukan karakter, generasi emas.</strong></p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-05T11:47:35+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3233 PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETEPATAN SHOOTING JARAK 9 METER CABANG OLAHRAGA PETANQUE 2024-01-17T12:28:00+07:00 Yudi Karisma Sari agimasari13@gmail.com Hartini yudikarisma3298@gmail.com <p>Tujuan penelitin ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan penggunaan media pembelajaran menggunakan penghalang dan tanpa penghalang terhadap ketepatan<em> shooting </em>jarak 9 meter &nbsp;pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, (2) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik dari penggunaan media pembelajaran terhadap ketepatan <em>shooting</em> jarak 9 meter&nbsp; pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sample penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan Surakarta berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel dengan teknik<em> purposive sampling</em>. Rancangan penelitian dengan pretest-posttest design. Metode analisis data penelitian dengan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.</p> <p>Hasil analisis data (1) Pengujian reliabilitas mendapatkan nilai rxy= 0,7229 memiliki nilai yang mencukupi, (2) Uji prasyarat pengujian normalitas adalah F<sub>hitung</sub> sig 0,225 &gt; sig 0,05 berarti varian sampel homogen, (3) Hipotesis dengan uji perbedaan nilai t pada kelompok menggunakan penghalang = 7,006 &gt; t<sub>tabel</sub> 5%= 2,262, dan pada kelompok tanpa penghalang = 6,111 &gt; t<sub>tabel</sub> 5% = 2,262.</p> <p>Simpulan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran menggunakan penghalang dan tanpa penghalang terhadap ketepatan<em> shooting </em>jarak 9 meter &nbsp;pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, yaitu uji t yaitu t<sub>hitung</sub>=2,440 &gt; t<sub>tabel</sub> 5%=2,262. (2) Pembelajaran menggunakan media penghalang lebih baik terhadap ketepatan <em>shooting</em> jarak 9 meter&nbsp; pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tunas Pembangunan Surakarta dengan presentase peningkatan <em>shooting</em> menggunakan penghalang sebesar 61,6% dan tanpa penghalang sebesar 38,4%.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>media pembelajaran, </em><em>penghalang, tanpa penghalang, shooting, petanque</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2024-01-17T12:28:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/3306 EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 JENAWI KARANGANYAR 2024-02-06T19:10:21+07:00 Zahra Maulana Umar erik@lecture.utp.ac.id Suci Prasasti erik@lecture.utp.ac.id Erik Teguh Rakoso Prakoso erikprakoso3123@gmail.com Usmani Haryanti erik@lecture.utp.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui efektifitas pelaksanaan layanaan bimbingan kelompok menggunkan teknik asertif untuk meningkatkan&nbsp; </span><em><span style="font-weight: 400;">Self Efficacy</span></em><span style="font-weight: 400;"> pada siswa kelas VIII&nbsp; SMPN N 2 Jenawi Kabupaten Karanganyar. </span><span style="font-weight: 400;">Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan </span><em><span style="font-weight: 400;">eksperimen dengan desain one grup pretest and posttest </span></em><span style="font-weight: 400;">&nbsp;dengan sampel 30 responden. </span><span style="font-weight: 400;">Berdasarkan tabel output paired sample test di atas diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000 karena nilai kurang dari 0,050 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik asertif efektif&nbsp; meningkatkan </span><em><span style="font-weight: 400;">Self Efficacy</span></em><span style="font-weight: 400;"> pada siswa.</span></p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Bimbingan Kelompok, Teknik Assertif, Self Efficacy</p> 2024-02-06T19:10:20+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Spirit