MENINGKATKAN KETEPATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DRILL SEPAKBOLA SISWA SMA NEGERI COLOMADU

  • Agustinus Anton Marcela Agus SD NEGERI KARANGAWEN 2
  • Danang Adhi Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Pipit Fitria Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: zig-zag, dribling, sepakbola

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Permainan SepakBola Pada Siswa Kelas X IPA I SMA Negeri Colomadu melalui penggunaan pembelajaran drill. Penelitian ini merupaka Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan untuk tiap siklusnya. Subyek penelitian adalah siswa Kelas X IPA I SMA Negeri Colomadu yang berjumlah 35 siswa. Sumber data untuk penelitian ini berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mendapatkan data tentang hasil passing kaki bagian dalam, dan pengamatan untuk mendapatkan data tentang aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Pembelajaran Drill dapat meningkatkanĀ  ketepatan passing kaki bagian dalam permainan sepakbola dari pra siklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari hasil tes kemampuan awal dalam melakukan ketepatan passing kaki bagian dalam diperoleh nilai bahwa pada aspek kognitif persentase ketuntasannya sebesar 25,71% dengan rata-rata 56,66. Dan pada aspek afektif persentase ketuntasannya sebesar 34,28% dengan rata-rata 52,86 , serta pada aspek psikomotor persentase ketuntasannya adalah 31,43% dengan rata-rata 56,38. Dari data hasil penilaian passing kaki bagian dalam pada siklus pertama diperoleh nilaiĀ  untuk aspek kognitif persentase ketuntasannya sebesar 62,86% dengan rata-rata 71,1 dan aspek afektif persentase ketuntasannya sebesar 54,28% dengan rata-rata 64,3 serta aspek psikomotor persentase ketuntasannya sebesar 51,43% dengan rata-rata 67.5. Sedangkan pada siklus ke dua diperoleh nilai aspek kognitif sebesar 94,30% dengan rata-rata 84,3. Dan aspek afektif persentase ketuntasannya adalah 88,60% dengan rata-rata 82,1 serta aspek psikomotor persentase ketuntasannya 100% dengan rata-rata 84,5. Dengan tercapainya hasil tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peneliti, guru, sekolah dan siswa khususnya siswa kelas X IPA I SMA Negeri Colomadu.

.

Published
2023-08-21