PENGARUH LATIHAN PASSING GO DAN DRILL PASSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING DALAM SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA PERSEMAN KARANGANYAR U-14 TAHUN 2023

  • Syafrie Zalprayoga Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Slamet Sudarsono Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Muh. Ikhwan Iskandar Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: Latihan, Passing, Sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing go dan drill passing terhadap peningkatan kemampuan passing dalam siswa sekolah sepakbola perseman karanganyar U-14 tahun 2023.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain penelitian ini “The Two Group Pretest Posttest Design” yakni rancangan penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok berbeda yang mendapatkan latihan atau treatment yang berbeda. Sampel penelitian berjumalah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Instrumen yang akan digunakan yaitu tes keterampilan bermain sepakbola berbentuk test “Passing menuju sasaran”. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 21 yaitu yaitu dengan membandingkan mean antara kelompok 1 dan kelompok 2.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode passing go dan drill passing terhadap peningkatan kemampuan passing dalam siswa sekolah sepakbola Perseman Karanganyar U-14 Tahun 2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu kelompok 1 thitung = 4,934 lebih besar dari pada ttabel = 2,145 dan kelompok 2 thitung = 7,483 lebih besar dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan metode drill passing lebih baik pengaruhnya daripada metode passing go terhadap peningkatan kemampuan passing dalam siswa sekolah sepakbola Perseman Karanganyar U-14 Tahun 2023. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan passing dalam permainan sepakbola menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode passing go) adalah 15,34% < kelompok 2 (kelompok yang mendapat drill passing) adalah 18,03%.

Published
2024-01-31