MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOMPAT PADA SISWA KELAS V SDN KOWANGAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui meningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Lompat Pada Siswa Kelas V SDN Kowangan Temanggung Tahun 2024. Subyek penelitian adalah Pada Siswa Kelas V SDN Kowangan Temanggungdengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan lompat jauh dan observasi proses kegiatan pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan metode pendekatan bermain. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan permainan lompat dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SDN Kowangan Temanggung, dengan diperoleh rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 69,84 dan rata-rata pada siklus II sebesar 81,25. Ketuntasan secara klasikal menunjukkan pada siklus I sebesar 32% dan siklus II menjadi 84% atau terjadi peningkatan sebesar 52%.