http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JKO/issue/feedJURNAL KREATIF OLAHRAGA2025-03-04T11:09:48+07:00Pipit Fitriapipit.yulianto@lecture.utp.ac.idOpen Journal Systemshttp://ejournal.utp.ac.id/index.php/JKO/article/view/4633MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA API PADA SISWA PUTRA KELAS XII SMK KOSGORO 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2024/20252025-02-12T14:24:12+07:00Hadi Susilop.f.yulianto@gmail.comPipit Fitria Yuliantop.f.yulianto@gmail.comEriek Satya Haprabup.f.yulianto@gmail.comFathkul Imronp.f.yulianto@gmail.com<p>Tujuan penelitian untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Menggunakan Permainan Bola Api Pada Siswa Kelas XII SMK Kosgoro 2 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Subyek penelitian adalah Siswa Kelas XII SMK Kosgoro 2 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan passing bawah dan observasi proses kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli dengan menggunakan metode permainan bola api. Teknik analisa data yang digunakan dalam prnrlitian ini adalah deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan metode permainan bola api dapat meningkatkan hasil belajar <em>passing</em> bawah bola voli pada siswa kelas XII SMK Kosgoro 2 Sragen, dengan diperoleh rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 72,89, rata-rata pada siklus II sebesar 80,67, sedangkan ketercapaian ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 30% meningkat pada siklus II menjadi 83% yang artinya secara klasikal ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 53%.</p>2025-02-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JKO/article/view/4635MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOMPAT PADA SISWA KELAS V SDN KOWANGAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2024/20252025-02-12T14:32:12+07:00Yanuar Kurniantokodradbudiyono@gmail.comKodrad Budiyonokodradbudiyono@gmail.comYudi Karismasarikodradbudiyono@gmail.comDwi Gunadikodradbudiyono@gmail.com<p>Tujuan penelitian untuk mengetahui meningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Lompat Pada Siswa Kelas V SDN Kowangan Temanggung Tahun 2024. Subyek penelitian adalah Pada Siswa Kelas V SDN Kowangan Temanggungdengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan lompat jauh dan observasi proses kegiatan pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan metode pendekatan bermain. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan permainan lompat dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SDN Kowangan Temanggung, dengan diperoleh rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 69,84 dan rata-rata pada siklus II sebesar 81,25. Ketuntasan secara klasikal menunjukkan pada siklus I sebesar 32% dan siklus II menjadi 84% atau terjadi peningkatan sebesar 52%.</p>2025-02-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JKO/article/view/4644PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN METODE PASSING BAWAH PROGRESIF DAN REPETITIF TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI SISWA SDN 1 GEDONG NGADIROJO WONOGIRI 20242025-02-19T10:23:28+07:00Andanu Sigit Rustionoandanusigitr@gmail.comKodrad Budiyonokodradbudiyono@gmail.comEriek Satya Haprabueriksatya8@gmail.com<p>Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Latihan Metode<em>Passing</em> Bawah Progresif Dan <em>Pasing</em> Bawah Repetitif Terhadap Peningkatan Ketrampilan <em>Passing</em> Bawah Dalam Permainan Bolavoli Siswa Ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Metode<em>Passing</em> Bawah Progresif Dan <em>Pasing</em> Bawah Repetitif Terhadap Peningkatan Ketrampilan <em>Passing</em> Bawah Dalam Permainan Bolavoli Siswa Ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024. Sampel penelitian adalah Pada siswa ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>porpusive sampling</em>. Variabel penelitian ini yaitu hasil keterampilan<em> passing </em>bawah dengan latihan <em>passing </em>bawah<em> progresif</em> dan menggunakan metode <em>passing </em>bawah<em> repetitif </em>sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan<em> passing </em>bawah variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan <em>pretest-posttest design</em>. Tes untuk mengetahui keterampilan<em> passing </em>bawahmenggunakan tes keterampilan<em> passing </em>bawah menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus <em>t-test</em> yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode<em> passing </em>bawah<em> progresif</em> dan menggunakan metode<em>passing </em>bawah<em> repetitif </em>terhadap hasil keterampilan<em> passing </em>bawah dalam permainan bolavoli pada siswa ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu t<sub>hitung </sub>= 3.231 lebih besar dari pada t<sub>tabel</sub> = 2,145dengan taraf signifikasi 5%. (2) Metode <em>passing </em>bawah<em> repetitif </em>lebih baik pengaruhnya dari pada metode <em>passing </em>bawah <em>progresif </em>terhadap hasil keterampilan <em>passing </em>bawah dalam permainan bolavoli pada siswa ekstrakulikuler SDN 1 Gedong Ngadirojo Wonogiri Tahun 2024. Berdasarkan persentase hasil keterampilan<em> passing </em>bawah dalam permainan bola voli menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode <em>passing </em>bawah<em> progresif</em>) adalah 18.304%< kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan menggunakan metode <em>passing </em>bawah<em> repetitif</em>) adalah 23.005%.</p>2025-02-19T10:23:25+07:00Copyright (c) 2025 JURNAL KREATIF OLAHRAGAhttp://ejournal.utp.ac.id/index.php/JKO/article/view/4678PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN METODE PASSING ATAS CONTINYU DAN INTERVAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLAVOLI ATLET PUTRA USIA 14-17 TAHUN KLUB BOLAVOLI KASUS BOYOLALI TAHUN 20242025-02-26T12:51:00+07:00Muchammad Alfan Hidayatp.f.yulianto@gmail.comEriek Satya Haprabup.f.yulianto@gmail.comPipit Fitria Yuliantop.f.yulianto@gmail.comRustam Yuliantop.f.yulianto@gmail.comDwi Gunadip.f.yulianto@gmail.com<p>Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan metode latihan <em>passing</em> atas <em>continyu</em> dan <em>interval</em> terhadap peningkatan ketrampilan <em>passing</em> atas dalam permainan bolavoli pada atlet putra usia 14-17 Tahun Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Metode latihan <em>Passing</em> Atas <em>Continyu</em> Dan <em>Interval</em> Terhadap Peningkatan Ketrampilan <em>Passing</em> Atas Dalam Permainan Bolavoli Pada Atlet Putra Usia 14-17 Tahun Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024. Sampel penelitian adalah Pada Atlet Putra Usia 14-17 Tahun Klub Bolavoli Kasus Boyolali dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>porpusive sampling</em>. Variabel penelitian ini yaitu hasil keterampilan <em>passing </em>atas dengan latihan <em>passing</em> atas <em>continyu </em>dan <em>interval </em>sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan <em>passing </em>atas variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan <em>pretest-posttest design</em>. Tes untuk mengetahui keterampilan <em>passing </em>atas menggunakan tes keterampilan <em>passing </em>atas menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Departemen Pendidikan Nasional (2016:10). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus <em>t-test</em> yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Adaperbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan <em>passing</em> atas <em>continyu</em>dan latihan <em>passing</em> atas <em>interval</em>terhadap kemampuan <em>passing </em>atasdalam permainan bolavoli pada atlet putra usia 14-17 Tahun Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu t<sub>hitung </sub>= 3.725 lebih besar dari pada t<sub>tabel</sub>= 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan metode latihan <em>passing</em> atas <em>interval </em>lebih baik pengaruhnya daripada metode latihan <em>passing</em> atas <em>continyu </em>terhadap kemampuan <em>passing </em>atas dalam permainan bolavoli pada atlet putra usia 14-17 Tahun Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan <em>Passing </em>atas dalam permainan bolavoli menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Metode Latihan <em>Passing</em> Atas <em>continyu</em>) adalah 23.024%< kelompok 2 (kelompok yang mendapat Latihan <em>Passing</em> Atas <em>interval</em>) adalah 22.896%.</p>2025-02-14T00:00:00+07:00Copyright (c) http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JKO/article/view/4681PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SHUTTEL RUN DAN ZIG-ZAG TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA USIA 12-15 TAHUN SSB PANDAWA PEDAN KLATEN TAHUN 20242025-02-26T13:49:19+07:00Muhammad Zulfan Aqifrustampan@gmail.comRustam Yuliantorustampan@gmail.com<p>Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Latihan Driblling Shuttel Run Dan Zig-zag Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Putra Usia 12-15 Tahun SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Driblling Shuttel Run Dan Zig-zag Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Putra Usia 12-15 Tahun SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024. Sampel penelitian adalah Pada Atlet SSB Pandawa Pedan Klaten dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil keterampilan dribbling dengan latihan Driblling Shuttel Run dan Zig-Zag sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan dribbling variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui keterampilan dribbling menggunakan tes keterampilan dribbling menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Metode Latihan Driblling Shuttel Run dan Zig-zag Terhadap Keterampilan Dribbling dalam permainan sepakbola pada atlet SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.025 lebih kecil dari pada ttabel= 2,145dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Metode Zig-zag lebih baik pengaruhnya dari pada metode Latihan Driblling Shuttel Run Terhadap Keterampilan Dribbling dalam permainan sepakbola pada atlet SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024. Berdasarkan persentase peningkatan keterampilan dribbling dalam permainan Sepak Bola menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Latihan Metode Driblling Shuttel Run ) adalah 8.156%> kelompok 2 (kelompok yang mendapat Latihan Zig-zag) adalah 7.888%.</p>2025-02-20T00:00:00+07:00Copyright (c) http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JKO/article/view/4648SURVEI KONDISI FISIK BULUTANGKIS PADA ATLET PB WISTRA SURUH TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2024 2025-03-04T11:09:48+07:00Jeka Gian Nur Saputrajekagiansaputra@gmail.comRendra Agung Prabowojekagiansaputra@gmail.comKodrad Budiyonojekagiansaputra@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui kondisi fisik pada Atlet PB Wistra Suruh Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2024. (2) Mengetahui kategori kondisi fisik Atlet PB Wistra Suruh Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Atlet PB Wistra Suruh Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2024 sejumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Dalam penelitian ini Atlet PB Wistra Suruh Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2024 melaksanakan tes pengukuran meliputi : <em>Sit and Reah, </em>Lari 40 meter, <em>Hand Grip Dynamometer Test</em>, <em>footwork test</em>, <em>vertical jump</em><em>, </em>dan <em>bleep test</em>. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 20 November 2024. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kondisi fisik pemain dari hasil tes pengukuran, kelentukan rata-rata 13,9, kecepatan rata-rata 5,6, kekuatan rata-rata 47,1, kelincahan rata-rata 12,67, daya ledak rata-rata 44,4, dan daya tahan rata-rata 45,56. 2) Kategori kondisi fisik siswa Atlet PB Wistra Suruh Tasikmadu Kabupaten Karanganyar termasuk kategori cukup. Berdasarkan dari kategori “baik sekali” sebesar 3%, “baik” sebesar 30%, “cukup” sebesar 30%, “kurang” sebesar 30%, dan “kurang sekali” sebesar 7%.</p>2025-03-04T11:09:41+07:00Copyright (c) 2025 JURNAL KREATIF OLAHRAGA