PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER(NHT) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD SONDAKAN LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Luncana Faridhoh Sasmito

Abstract

Model Cooperative Learning Number Head Together terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas IV SDN Sondakan. Penelitian. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Aplikasi Model Cooperative Learning Learning Number Head Together terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas IV SDN Sondakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut diuji terlebih dahulu keadaan awalnya, sebelum diberi perlakuan yang berbeda. Pada kelompok eksperimen dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model cooperative learning Number Head Together. Berdasarkan hasil penelitian, Penerapan model kooperatif tipe Number Head Together di ketahui bahwa coefficients Output menggunakan SPSS sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain ada pengaruh yang signivikan antara Minat belajar dengan prestasi belajar.Dilihat dari coefficients Output menggunakan SPSS sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara metode two say two stray terhadap prestasi belajardilihat dari minat siswa. Dilihat dari coefficients Output menggunakan SPSS sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara metode Talking Stik terhadap prestasi belajardilihat dari minat siswa. Nilai probabilitas/p value uji T Paired atauSig. (2-tailed): Hasil = 0,000. Artinya: Ada perbedaan minat antara sebelum dan sesudah perlakuan. Nilai probabilitas/p value uji T Paired atauSig. (2-tailed): Hasil = 0,000. Artinya: Ada perbedaan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah perlakuan

Published
2018-01-08