Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD)

  • Abdul Rahman Universitas Tadulako
  • Ni KadekVianSusani Putri Universitas Tadulako

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran CTL dan media video pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 8 siswa dengan ketuntasan klasikal 25%, aktivitas guru digolongkan pada kategori cukup dengan nilai 47, dan aktivitas siswa digolongkan pada kategori kurang 54,54%. Hasil pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 22 siswa dengan ketuntasan klasikal 68,75%, aktivitas guru digolongkan pada kategori baik dengan nilai 61, dan aktivitas siswa digolongkan pada kategori cukup dengan persentase 65,90%. Hasil pada siklus III menunjukan bahwa siswa yang mengalami ketuntasan menjadi 27 siswa dengan ketuntasan klasikal 84,37%, aktivitas guru digolongkan pada kategori baik dengan nilai 69, dan aktivitas siswa digolongkan pada kategori baik dengan persentase 81,81%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CTL dan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa SD.

Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Media Video, Hasil Belajar IPA

Published
2020-07-23