Persepsi Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket Di SMA Negeri 1 Grabag Terhadap Faktor Pendukung Prestasi

  • Iwan Arya Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Pipit Fitria Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta ekstrakulikuler bola basket di SMA Negeri 1 Grabag terhadap faktor pendukung prestasi. Beberapa siswa beranggapan bahwa ekstrakulikule bola basket hanya untuk mencari teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta ekstrakulikuler bola basket di SMA Negeri 1 Grabag terhadap faktor pendukung prestasi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler bola basket di SMA Negeri 1 Grabag yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 18 siswa putra dan 12 siswa putri. Sebelum dilakukannya penelitian telah dilakukan uji coba penelitiaan di siswa kelas 12. Analisi data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan presentase.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta ekstrakulikuler bola basket di SMA Negeri 1 Grabag terhadap faktor pendukung prestasi berada pada kategori “sangat rendah”13,33% (4 siswa),kategori “rendah” sebesar 6,67% (2 siswa), kategori “sedang” sebesar 50% (15 siswa), kategori “tinggi” sebesar 6,67% (2 siswa).

Kata kunci: persepsi,faktor pendukung prestasi,ekstrakulikuler bola basket

Published
2020-07-23