PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI

  • muh.ikhwan iskandar universitas tunas pembangunan surakarta
  • Rendra Agung Prabowo universitas tunas pembangunan surakarta

Abstract

ABSTRAK

Permainan bolavoli adalah suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah dilakukan oleh semua orang. Dalam pembelajaran bolavoli diperlukan teknik-teknik dasar maupun lanjutan untuk bermain bolavoli secara baik dan efektif. Salah satu teknik dasar yang digunakan adalah passing bolavoli yang merupakan gerakan pertama kali yang dilakukan oleh seorang pemain bolavoli Ketika menerimaservisdarilawan. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaraan kooperatif tipe STAD dan seberapa besar pengaruhnya.

Salah satu materi ajar yang mengandung nilai kerjasama di dalam Penjasorkes adalah permainan bolavoli. Kajian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya penguasaan siswa terhadap teknik passing bawah dan pasing atas bolavoli yang berakibat bola hasil passing sering melenceng tidak terarah kepada lawan atau kawan yang hendak dituju dan kebanyakan diantara pemain sering berebut dalam melakukan passing karena kurangnya kerjasama antar pemain.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa kelas X SMA BK Boyolali tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA BK Boyolali dengan jumlah 105 orang siswa.dengan menggunakan rancangan penelitian pretests-postest control group design.Kelas X SMA BK terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X A sampai dengan kelas X C. Pengundian kelompok dilakukan dengan teknik simple random sampling.

 

Kata kunci: Bola voli, Kooperatif learning tipe STAD, Passing voli

Published
2020-08-03