PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME PADA PELAJARAN IPS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA

  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Fathkul Imron Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Salah satu hal yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan adalah proses kegiatan belajar mengajar yang baik adalah harus berorientasi pada keaktifan siswa, karena pada dasarnya siswa mampu memenuhi kebutuhan sendiri. Selama ini guru hanya memberikan materi-materi pelajaran kepada siswa dengan berceramah dan memberikan tugas.Penyebab kejenuhan dan ketidakseriusan siswa dalam belajar, karena terlalu banyak muatan dalam materi. Selain itu sistem belajar mengajar yang konvensional juga sangat mempengaruhi. Metode ceramah yang sudah membudaya dalam pendidikan di negara ini, dengan kegiatan belajar mengajar yang didominasi oleh guru, mendengarkan ceramah guru, kemudian mengerjakan soal begitu seterusnya yang membuat siswa menjadi pasif dan jenuh sehingga berakibat pada hasil belajarnya.

Medelpembelajaran kooperatif tipe Group Resume sebagai alternatif dalam proses pembelajaran secara teoritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model ini menjadikan interaksi antar siswa lebih baik, dengan member penekanan bahwa mereka adalah kelompok yang bagus, dalam bakat dan kemampuannya di kelas. Setiap kelompok membuat kesimpulan dan mempresentasikan data-data setiap siswa dalam kelompok. Peneliti mencoba membuktikan secara empiris model kooperatif tipe group resume untuk siswa Sekolah Dasar khususnya pada mata pelajaran IPS.

Kata Kunci:Metode Pembelajaran,Grup Resume,hasil belajar

Published
2021-01-25