EVALUASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN BULUKERTO WONOGIRI

  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Pembelajaran di tengah pandemi COVID 19 ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru, siswa, dan
juga orang tua. Pembelajaran yang tidak dilakukan secara tatap muka menjadikan siswa dituntut untuk
belajar mandiri. Belajar mandiri yang terkesan dipaksakan membuat siswa cepat merasa bosan dan
lambat laun pembelajaran virtual menjadi enggan dilakukan siswa. Diperlukan latihan untuk
menumbuhkan proses kemandirian belajar siswa yakni melalui disiplin positif. Pembelajaran daring
adalah lebih parktis dan santai. Praktis karena dapat memberikan tugas setiap saat dan pelaporan tugas
setiap saat.Kedua, lebih fleksibel bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pembelajaran daring
menyebabkan waktu yang lebih fleksibel bagi wali yang bekerja di luar rumah dan bisa menyesuaikan
waktu untuk mendampingi siswa belajar. Kelemahan dalam pembelajaran daring adalah kurang
maksimalnya keterlibatan siswa. Keterlibatan siswa yang dimaksud dapat dilihatdari hasil keterlibatan
siswa dalam mengikuti pembelajaran daring secara penuh dari awal pembelajaran sampai akhir
pembelajaran.
Kata Kunci : Evaluasi Pembelaran, Pembelajaran Daring

Published
2021-02-07