UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 1 MUNGGUNG, KARANGDOWO, KLATEN, TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Citra Sintha Setyastuti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Usmani Haryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRA

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDN 1 Munggung 2021/2022, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, (2) Untuk mengetahui upaya apa yang diberikan guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas I SDN 1 Munggung 2021/2022, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 1 Munggung : (a) Terdapat 2 siswa yang belum bisa membaca (2) Ada 1 siswa yang belum bisa huruf A-Z. (c) Siswa masih bingung membedakan huruf b dan d, n dan m, serta masih bingung huruf diftong dan konsonan. (2) Faktor yang mempengaruhi siswa kelas I SDN 1 Munggung tidak bisa membaca yaitu : (a) Faktor kecerdasan, (b) Faktor Usia, (c) Faktor lingkungan. (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas I SDN 1 Munggung yaitu : (a) Upaya yang selalu dilakukan guru didalam kelas yaitu guru selalu memberi motivasi kepada siswa agar siswa mau membaca, bertanya kepada siswa apakah ada keluh kesah dalam membaca, dan siswa yang belum bisa membaca biasanya habis sekolah ditahan dikelas untuk dites mandiri seperti dites membaca dan didekte. (b) Upaya yang selalu dilakukan guru diluar kelas yaitu setiap hari selasa dan kamis siswa yang belum bisa membaca mengirim video membaca lewat wa, membeli buku cerita atau buku baca untuk pedoman siswa belajar membaca, dan selau menyediakan waktu untuk membaca.

Kata kunci :  Membaca permulaan, belajar

Published
2022-02-18