ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN TANDA BACA MELALUI TEKS NARASI

  • Nafiah Nur Shofia Rohmah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Menulis adalah menuangkan sebuah gagasan atau isi pikiran dengan jelas dan utuh sehingga pembaca dapat memahami dengan jelas. Adapun untuk membuat tulisan yang jelas dan utuh harus mengetahui bagaimana cara penulisan yang efektif. Penelitian yang dilakukan adalah analisis terhadap penggunaan tanda baca, khususnya penggunaan titik, koma, tanda tanya dan tanda seru. Pola penggunaan tanda baca dianalisis dari Lembar Tugas Penyelesaian teks narasi siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara penggunaan tanda baca, koma, tanda tanya, dan tanda seru dalam teks narasi. Penelitian ini sebagai bentuk penjabaran untuk menjelaskan kemampuan siswa kelas V menggunakan titik, koma, tanda tanya, dan tanda seru dalam teks cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah format yang menggunakan tanda baca titik pada Lembar Tugas Penyelesaian Teks Narasi oleh tulisan siswa adalah (1) digunakan di akhir pernyataan, H(2) digunakan di tengah kalimat, (3) di akhir pertanyaan, 4) Tanda seru digunakan di akhir kalimat. Format yang menggunakan tanda baca koma adalah: (1) Digunakan di akhir pernyataan pernyataan, (2) Digunakan di tengah pernyataan. Format bentuk penggunaan tanda tanya di akhir pernyataan. Format tanda seru adalah: (1) Digunakan di akhir tanda seru.

Kata Kunci: Menulis, Tanda Baca, Teks Narasi

Published
2022-07-30