METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA di SEKOLAH DASAR

  • Damai Ari Kontesa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Aminuriyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Achmad Fathoni Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan belajar siswa pada materi soal cerita matematika di Sekolah Dasar. Meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi soal cerita matematika khususnya materi skala merupakan tujuan dari penelitian ini. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIC SDIT Insan Kamil Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini diperoleh data bahwa penggunaan metode Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi cerita skala. Pada tes awal diperoleh data bahwa 87% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pembelajaran soal cerita matematika pada materi skala. Melalui penggunaan metode problem solving kemampuan pemahaman siswa mengalami peningkatan. Sebanyak 54% sudah mampu mengerjakan soal cerita pada materi skala.

Kata Kunci: Problem solving, Peningkatan kemampuan, Soal cerita matematika

Published
2022-07-30