PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SD

  • Ali Muckromin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Achmad Fathoni Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang guru dan merupakan faktor utama yang dapat menentukan keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Subjek pada penelitian ini berjumlah 14 siswa kelas V SDN 2 Banyusri Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes yang diberikan pada setiap siklus pembelajaran. Meningkatnya keterampilan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning merupakan tujuan penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa pada siklus I 7,14 siklus II 35,71 serta siklus III 85,71% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa mengalami peningkatan, dari sedang menjadi tinggi.

Kata Kunci: soal cerita, Pembelajaran, PBL

Published
2022-07-30