STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING SEKOLAH DASAR

  • Alfauziah Rahmadani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Achmad Fathoni Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran dalam pengajaran membaca daring oleh guru kelas 2. Dengan menggunakan penelitian kuantitatif penelitian ini dapat memberikan studi kasus yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan guru kelas 2 sebagai objek penelitian dan triangulasi data dari siswa, kepala sekolah dan operator sekolah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran guru dalam pembelajaran membaca siswa pada pembelajaran daring kelas II di SDN 5 Palangka menggunakan strategi pembelajaran kontekstual CTL berbantuan model pembelajaran picture and picture dan metode penugasan dengan media aplikasi whatsapp dan pendampingan media pembelajaran gambar dan media teknologi. Strategi ini telah berhasil digunakan oleh guru agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien serta mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Kata kunci: Strategi pembelajaran, membaca, pembelajaran daring

Published
2022-07-30