MINAT SISWA PADA OLAHRAGA TRADISIONAL MELALUI METODE LATIHAN PRAMUKA

  • Liska Sukiyandari Universitas Wahid Hasyim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  mengetahui minat siswa pada olahraga tradisional melalui metode latihan pramuka dan upaya melestarikan olahraga tradisional dengan cara memainkannya kembali sekaligus memperkenalkan olahraga tradisional pada siswa SMP Negeri 2 Wonosari Tahun Pelajaran 2021/2022.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam peneitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 220 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas VII SMP Negeri 2 Wonosari. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode latihan pramuka dapat meningkatkan minat siswa pada olahraga tradisional sebesar 6,93% dimana sebelum menggunakan metode pramuka minat siswa pada olahraga tradisional sebesar 68,70%, kemudian setelah menggunakan metode pramuka minat siswa pada olahraga tradisional meningkat menjadi 75,63%. Simpulan penelitian ini ialah dengan menggunakan metode latihan pramuka siswa dapat meningkatkan minat pada olahraga tradisional di SMP Negeri 2 Wonosari Tahun 2022.

Kata kunci: minat siswa, metode latihan pramuka, olahraga tradisional.

Published
2022-07-30