UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 2 NADI BULUKERTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  hasil  belajar  siswa tentang pelestarian hewan dan tumbuhan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VI Semester I SD  Negeri  2 Nadi Bulukerto Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI Semester I SD   Negeri   2 Nadi Bulukerto Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 25 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 15 siswi perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua  siklus  dengan  tiap  siklusnya  terdiri  dari  tahap  perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan datadilakukan dengan tes dan non tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah secara kuantitatif untuk data tes dan kualitatif untuk data non tes. Alat pengambilan data non tes berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan  analisa  hasil  pengamatan,  pemberian  tindakan  pada  Siklus  I  dan Siklus II didapatkan hasil penelitian, yaitu : 1) Terdapat peningkatan proses pembelajaran siswa tentang pelestarian hewan dan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VI Semester I SD  NEGERI  2 Nadi Bulukerto Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Pada kondisi Pra Siklus rata- rata 48,00 % (cukup baik), kemudian pada  Siklus  I rata-rata 72,00  % (baik), terakhir pada Siklus II rata-rata 100% (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan nilai hasil belajar KI-3 mengidentifikasi pelestarian hewan dan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VI Semester I SD NEGERI   2 Nadi Bulukerto Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Pada kondisi awal rata-rata62,40 (masih memerlukan bimbingan), kemudian pada Siklus I rata- rata 70,80 (cukup), terakhir pada Siklus II rata-rata 78,80 (cukup). 3) Terdapat peningkatan nilai hasil belajar KI-4 menyajikan karya tentang perkembangbiakan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VI Semester I SD  Negeri  2 Nadi Bulukerto Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022. Pada kondisi awal rata-rata 53,50 (kurang terampil), kemudian pada Siklus I rata- rata 71,00 (cukup terampil), terakhir pada Siklus II rata-rata 84,00 (terampil).

Kata Kunci : Hasil belajar, pelestarian hewan dan tumbuhan, Talking Stick

Published
2022-07-30