PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS V SDN SAYANGAN, LAWEYAN, SURAKARTA

  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sayangan, Laweyan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh peneliti dengan subjek penelitian siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sayangan yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknis analisis data  yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu  reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kinerja peneliti dalam proses pembelajaran setelah diadakannya tindakan dengan menggunakan media gambar seri. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kinerja peneliti pada prasiklus sebesar 2,00 dengan kategori kurang, siklus I yang mana dalam pembelajaran peneliti menggunakan media gambar seri, maka terjadi peningkatan kinerja peneliti menjadi 3,00 dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 3,32 dengan kategori sangat baik. Dengan peningkatan keterampilan menulis cerita siswa juga ditunjukkan oleh nilai rata- rata pada Isi/subtansi Pra Siklus 51,87, Siklus I pertemuan 1 menjadi 80,41, meningkat pada Siklus I pertemuan 2 menjadi 88,95, dan mengalami peningkatan lagi pada Siklus II menjadi 89,16. Urutan cerita Pra Siklus 50,41, Siklus I pertemuan 1 menjadi 76,45, meningkat pada Siklus I pertemuan 2 menjadi 80, dan mengalami peningkatan lagi pada Siklus II menjadi 80,62. Tata Bahasa Prasiklus 49,58, Siklus I pertemuan 1 73,54,meningkat pada Siklus I pertemuan 2 menjadi 79,16, dan mengalami peningkatan lagi pada Siklus II menjadi 80,83. Gaya Bahasa Prasiklus 46,66, Siklus I pertemuan 1 69,16, meningkat pada Siklus I pertemuan 2 menjadi 75,16, dan mengalami peningkatan lagi pada Siklus II menjadi 78,95, dan Ejaan/Tanda baca Pra Siklus 37,08, Siklus I pertemuan 1 65,83, meningkat pada Siklus I pertemuan 2 menjadi 71,25, dan mengalami peningkatan lagi pada Siklus II menjadi 75.41. Nilai tersebut sudah mencapai ketuntasan yang telah ditentukan oleh peneliti. Penggunaan media gambar seri tepat diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita yang berdampak pada peningkatan kinerja peneliti dan keterampilan menulis cerita oleh siswa kelas V SD Negeri Sayangan, Laweyan.

Kata kunci : Keterampilan menulis cerita, media gambar seri.

 

Published
2022-08-30