MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PURO 1 TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Robbiulawati Ruspiah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

            Tujuan  dari penelitian  ini adalah  untuk  meningkatkan  hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model CTL materi bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas VI SD Negeri Puro 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK merupakan sebuah tindakan yang dilakukan di dalam kelas menggunakan penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Puro 1. Dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV semester II SD Negeri Puro 1. Kegiatan penelitian direncanakan sebanyak 2 siklus.

           Berdasarkan kajian yang dilakukan yaitu setelah menggunakan metode CTL mengalami kenaikan hasil belajar materi bagian-bagian tumbuhan, dari rata-rata kelas 64 pada kondisi awal, naik menjadi 72 pada Siklus I, kemudian pada Siklus II naik menjadi 82 (indikator kinerja 75 sudah tercapai).

Kata Kunci: IPA, hasil belajar,  pendekatan pembelajaran, CTL, tumbuhan

Published
2023-07-21