Cover Image

PENERAPAN METODE THINK TALK WRITE SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN MEMAHAMI PENTINGNYA KOPERASI MATAPELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD N 1 DAYU TAHUN AJARAN 2014/2015

Linawati Linawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan memahami pentingnya koperasi mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode Think Talk Write pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Dayu Tahun Ajaran 2014/2015.

Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu salah satunya dengan menggunakan metode Think Talk Write . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa siswi Kelas IV SD Negeri 01 Dayu Tahun Ajaran 2014/2015, yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 Putra dan 11 Putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK).Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Dokumentasi, dan Tes.Tehnik analisi data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian tindakan kelas ini dapat ditunjukan dari prosentase peningkatan hasil belajar dari tiap-tiap siklusnya yang dilihat dari beberapa aspek: Pada saat pra siklus siswa yang aktif bertanya sebesar 30%, siklus I sebesar 65% dan siklus II  sebesar 95%. Siswa mengungkapkan pendapatnya pada pra siklus sebesar 20%, siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 95%.Siswa yang menjawab pertanyaan pada pra siklus adalah sebesar 25%, pada siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 95%.Siswa yang mempresentasikan materi kedepan kelas pada pra siklus sebesar 25%, siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 95%. Hasil belajar IPS sub pokok bahasan memahami pentingnya koperasi yang masih rendah pada siswa kelas IV Pra siklus masih rendah yaitu dengan prosentasi sebesar 75%(15 siswa), siklus I sebesar 35%(7 siswa) dan siklus II sebesar 10%(2 siswa). Sedangkan siswa yang memiliki hasil belajar yang tinggi pada pra siklus sebanyak 25%(5 siswa), siklus I sebanyak 65%(13 siswa), dan siklus II meningkat menjadi 90% (18 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Melalui Strategi Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada sub pokok bahasan memahami pentingnya koperasi Siswa Kelas IV SD Negeri 01 DayuTahun Ajaran 2014/2015.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.