Cover Image

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN SISWA KELAS 3 SD N 2 PUSPORENGGO KEC.MUSUK KAB. BOYOLALI

Baela Febrin Ravinda

Abstract


ABSTRAK

Metode pembelajaran yang menyenangkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah metode bermain. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah dengan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 SD N 2 Pusporenggo, Kec Musuk Boyolali. Untuk menjawab masalah tersebut maka penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menerapkan metode bermain.

Subjek penelitian nya adalah seluruh siswa kelas 3 SD N 2 Pusporenggo Kec. Musuk Kab. Boyolali. Data dalam penelitian ini diambil melalui pemberian tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa, dengan materi pokok mengenal bilangan loncat 3 dari angka 1-1500.

Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan diperoleh bahwa dengan metode bermain dapat meningkatkan hasil matematika pada siswa. Terbukti bahwa peningkatan ketuntasan siswa 28%, yaitu pada penelitian pertama hanya 56% siswa yang tuntas, pada penelitian kedua terdapat peningkatan sebanyak 16%, yaitu ketuntasa siswa naik menjadi 72%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.