Cover Image

UPAYA PENINGKATAN PASSING MENDATAR MENGGUNAKAN BANTUAN TEMBOK PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS IV SD NEGERI KAJORAN 1 KABUPATEN MAGELANG

Sudiman Sudiman

Abstract


Abstrak

Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, mahluk total, daripada hanya menganggapnya sebagai seseorang yang terpisah kualitas fisik dan mentalnya.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan pasing pada siswa kelas IV SD N 1 Kajoran. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada peningkatan rata-rata  passing mendatar melalui metode bermain passing mendatar menggunakan tembok. Peningkatan kemampuan passing mendatar menggunakan tembok  dari data pre tes sebanyak 6 siswa (20%) dalam kategori Tuntas sedangkan 24 siswa (80%) dalam kategori belum tuntas. Data Siklus I sebanyak 16 siswa (54%) dalam kategori Tuntas sedangkan 14 siswa (46%) dalam kategori belum tuntas.  Data Siklus II sebanyak 27 siswa (90%) dalam kategori Tuntas sedangkan 3 siswa (10%) dalam kategori belum tuntas pada kriteria baik sekali sebelum dan setelah diberi perlakuan. Peningkatan  passing mendatar menggunakan tembok  pada siswa SD Negeri Kajoran 1 tahun ajaran 2015/2016 disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut : (1)Penggunaan media belajar yang tepat yaitu menggunakan tembok. (2)Siswa merasa senang, gembira dan tidak measa takut dalam menggunakan tembok, maka dari itu siswa cenderung lebih aktif bergerak. (3) Kesungguhan siswa dalam bermain sesuai peraturan sangat tinggi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.