PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG IPS MELALUI METODE SNOWBALL TRHOWING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SAMBIREJO KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan

Abstract

ABSTRACT

Guru adalah faktor utama dalam pembelajaran, karena guru secara langsung dapat  mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan peserta didik. Kurangnya motivasi dan cara pembelajaran yang monoton membuat peserta didik kurang dapat menyerap materi denggan baik. Mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah:  Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan diterapkannya pembelajaran Metode Snowball throwning?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran Metode Snowball throwning.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)  menurut milles dan huberman ada tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VDi SDN sambirejo Tahun Pelajaran 2015/2016.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (38,71%), siklus II (100%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode Snowball throwning dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Peserta didik Kelas V SDN sambirejo Kecamatan gampengrejoSemester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016,  metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.

 

Published
2016-01-29