Cover Image

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 02 MALANGJIWAN COLOMADU TAHUN AJARAN 2016/2017

Ninda Beny Asfuri

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan yang akan dicapai adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa jawa krama menggunakan metode role playing peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Malangjiwan Colomadu.

Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Malangjiwan terdiri dari 38 peserta didik. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa jawa krama. Sedangkan variabel dalam penelitian tindakan ini adalah metode role playing. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data variabel untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa jawa krama melalui observasi, wawancara, tes awal, tes akhir dan jurnal. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi tekhnik, diskusi dengan teman sejawat dan member check. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui penggunaan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa jawa krama pada peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Malangjiwan Colomadu. Hal ini dapat dilihat terlihat kegiatan pembelajaran dengan meningkatnya keterampilan berbicara bahasa jawa krama pada peserta didik.

Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes keterampilan berbicara bahasa jawa krama yang menunjukkan adanya peningkatan yaitu nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Jawa krama peserta didik yang pembelajarannya sebelum menggunakan metode role playing nilainya ≤ 62 adalah 59. Nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Jawa krama peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode role playing pada siklus I nilainya ≤ 62 adalah 60,3, pada pelaksanaan tindakan siklus II nilainya ≥ 62 adalah 73,4. Dengan demikian berdasarkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tindakan pada siklus I dan siklus II, dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa krama pada peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Malangjiwan Colomadu.

 

Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Bahasa Jawa, Role Playing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.