IMPLEMENTASI METODE AL-HIKMAH, AL-MAU’IDHAH AL-HASANAH, DAN Al-MUJADALAH DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN

  • Ipah Latipah

Abstract

Abstrak

Pendidikan masih menjadi wahana strategis dalam melahirkan individu-individu yang mumpuni dalam beragam aspek. Individu yang siap menghadapi kemajuan dan tantangan zaman dengan kekuatan intelektual, kekuatan sosial, emosi, dan spiritual. Sekolah sebagai bagian dari lingkup pendidikan turut ambil peran dalam mencapai cita-cita pendidikan tersebut. Banyak cara yang dapat pendidik lakukan untuk membantu dan memfasilitasi proses perkembangan peserta didik, di antaranya yaitu mencari dan menggali metode yang lebih efektif dalam praktik pendidikan terutama proses pembelajaran di sekolah. Dalam artikel ini, penulis memaparkan kajian tentang tiga metode yang merujuk pada kandungan QS An-Nahl ayat 125. Tertarik dengan cara Rasululah mendakwahkan Islam melalui pendidikan yang telah mengukir sejarah luar biasa. Keberhasilan mengubah peradaban Jahiliyyah (diliputi kebodohan) menjadi peradaban yang Islam yang beradab. Ketiga metode tersebut di antara metode yang digunakan Rasulullah dalam pendekatan terhadap masyarakat saat itu. Metode Al Hikmah yang lebih menekankan pada pendekatan persuasif dan pemberian motivasi yang dapat menggugah dan membuka alam pemikiran peserta didik, nampaknya sesuai dengan fitrah psikologis peserta didik bahwa mereka dalam fase perkembangan mana pun senantiasa membutuhkan penghargaan. Metode Mau’idhah Al-Hasanah adalah metode pemberian nasihat yang baik dengan cara yang baik yang dapat dipahami dan diterima oleh peserta didik. Metode Al Mujadalah (jidal) adalah metode debat, bertukar pikiran, berdialog. Metode ini sesuai dengan kondisi peserta didik yang tentunya memiliki cara dan kapasitas berpikir yang beragam satu sama lain. Menggunakan metode yang bervariasi namun sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tentu dapat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam mengokohkan pengetahuan, membangkitkan pemahaman, menggerakan kecerdasan, menerima nasehat dan membangkitkan perhatian orang yang mendengar. Kajian dalam artikel ini berdasarkan studi terhadap beberapa literatur.

 

Kata Kunci : Pendidikan, metode Al-Hikmah, Al-Mau’idhah Al Hasanah, Al Mujadalah.
Published
2016-07-28