PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAYANGAN NO 244 SURAKARTA

  • ASYHURI ASYHURI

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas III SD Negeri Sayangan No 244 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sayangan yang berjumlah 44 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi peneliti.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada ada peningkatan pemahaman konsep pecahan setelah diadakan tindakan kelas dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman konsep pecahan sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I ada peningkatan pemahaman konsep pecahan dari rata-rata 67 menjadi 73,9 dengan ketuntasan klasikal 71% dan pada siklus II ada peningkatan pemahaman konsep pecahan dari rata-rata 73,9 menjadi 79,1 dengan ketuntasan kalsikal 91%. Kedua adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran matematika setelah diadakan tindakan kelas dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kinerja guru pada siklus I nilainya 2,9 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,45 dengan kriteria sangat baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I nilainya 2,45 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,1 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Sayangan No 244 Surakarta.
Published
2016-07-28