kue

Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Waktu (Time Management) Pada Mahasiswa Melalui Program Pelatihan Dengan Teknik Kognitif

Ima Ni’mah Chudari, Syamsu Yusuf LN, Anne Hafina

Abstract


Abstrak

Di latar belakangi oleh masih  adanya mahasiswa UPI Kampus Serang  yang belum  mematuhi jadwal kehadiran di kelas, mengumpulkan tugas  kuliah, kurang memanfaatkan waktu di kampus,  maka dibutuhkan sebuah program pengelolaan waktu yang efektif untuk mahasiswa dengan menggunakan teknik Kognitif.

Metode penelitian yang dipergunakan adalah  quasi experiment, dan  menggunakan desain penelitian dari salah satu nonequivalent groups designs yaitu the one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah mahasiswa UPI Kampus Serang tahun akademik 2012/2013 dan 2013/2014, yang  dipilih secara purposive sampling. Sampel penelitian dipilih berdasarkan data pendahuluan  mahasiswa yang memiliki keterampilan pengelolaan (time management) yang rendah dan sedang. Subjek penelitian dibagi menjadi tiga kelompok dan pengelompokkan  dilakukan secara acak. Angket dengan skala Likert dipilih untuk mengukur keterampilan Time management (TM). Pelaksanaan pelatihan TM dilakukan terhadap tiga kelompok subjek penelitian dengan menggunakan teknik kognitif yang berbeda. Kelompok 1 menggunkan teknik planning, kelompok 2 menggunakan  teknik problem solving dan kelompok 3 menggunakan teknik self-instruction. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui teknik yang paling efektif dalam meningkatkan TM.  

Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan TM sesudah melakukan pelatihan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari pretest ke posttest. Uji perbedaan rata-rata menunjukkan  bahwa ketiga teknik kognitif tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan TM, artinya ketiga teknik kognitif memiliki tingkat efektifitas yang sama dalam meningkatkan keterampilan TM.

 

Kata kunci : Program pelatihan, keterampilan pengelolaan waktu (time-management), teknik kognitif, mahasiswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.