PENDEKATAN BIMBINGAN KONSTRUKTIF MELALUI BIBLIOTERAPI UNTUK PENGEMBANGAN DISIPLIN DIRI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • Linna Nurwulan Apriany
  • Syamsu Yusuf L.N
  • A. Juntika Nurihsan
  • Nandang Rusmana

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang mengindikasikan ketidakdisiplinan peserta didik kelas awal di sekolah dasar. Temuan empiris menunjukkan bahwa disiplin peserta didik kelas I, II, dan III sekolah dasar menunjukkan pada tingkat konstruktif, namun mereka belum mampu menunjukkan perilaku disiplin yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah menghasilkan program bimbingan konstruktif sebagai salah satu strategi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan teknik biblioterapi untuk mengembangkan disiplin diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan disain studi kuasi eksperimen serta pendekatan gabungan kuantitatif dan kualitatif. Uji efektivitas dengan menggunakan uji F menunjukkan program bimbingan konstruktif melalui teknik biblioterapi efektif untuk mengembangkan disiplin diri peserta didik kelas I, namun kurang efektif untuk kelas II dan kelas III. Hasil penelitian menunjukkan program bimbingan konstruktif melalui biblioterapi terbukti efektif di kelas I dalam mengembangkan disiplin diri pada indikator membuat aturan bagi diri sendiri pada struktur kognitif komponen disiplin pengembangan perilaku efektif, dan indikator percaya terhadap penilaian diri sendiri pada keyakinan komponen disiplin keinginan yang muncul dari sendiri untuk kepentingan pribadi.

 

Kata Kunci: Bimbingan Konstruktif, Biblioterapi, Disiplin Diri

Published
2017-01-29